PKPI Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Serentak

357
Sekertaris DPP PKPI Maluku Utara Renol Banjar

MABA, CH- Menghadapi tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2020,  Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI Maluku Utara mulai, Kamis (5/9/2019) melakukan penjaringan calon bupati, wakil bupati dan walikota.

Pembukaan penjaringan serentak ini desuai dengan  Peraturan Partai ( PP) Nomor 02/PP/DPN PKPI/VIII/2019, Dewan Pimpinan Nasional  (DPN) Tertanggal 27 Agustus 2019, perihal petunjuk pelaksanaan dan tata cara penjaringan calon Kepala daerah.

Sekertaris DPP PKPI Maluku Utara, Renol Banjar mengatakan, untuk  Maluku Utara tim penjaringan telah dibentuk dan tahapan pendaftaran secara serentak telah di buka hari ini (Kamis) dan akan ditutup pada  tanggal 19 September 2019.

“Ada 4 Dewan Pimpinan Kabupaten kota ( DPK) yang menjadi fokus kami khususnya pada daerah yang memiliki kursi seperti Halut 3 kursi, Halsel 2 kursi, Haltim dan taliabu masing -masing 1 kursi, jadi bagi calon yang mau mendaftar bisa langsung ke sekret tim penjaringan di kabupaten kota,”ucapnya.

Untuk mekanisme penjaringan di tingkat kabupaten /kota kata Renol akan dilakukan dengan jujur dan terbuka untuk umum.  “Tim akan memverifikasi berkas calon dan untuk yang lolos administrasi seluruhnya akan ditetapkan di tingkat kabupaten yang kemudian di ajukan ke Provinsi (DPP),” jelasnya.

BACA JUGA  Hari Ini PDIP Haltim Gelar Rakercab

Menjelang penetapan pasangan  calon,  partai akan memberi akomodasi kepada para calon. “Jadi sesuai dengan kesepakatan internal sebelum mendapat pasangan, DPN akan memberi rekomendasi tunggal untuk di jadikan lampiran syarat kepada para calon mencari tambahan partai untuk berkoalisi mungkin lebih dari 1 calon yang berpotensi dapat rekomendasi tunggal,” paparnya.

Tentu dari semua yang berpotensi itu, para kaders maupun pengurus internal yang potensial juga di prioritaskan untuk di dorong maju dalam pilkada.” Pilkada Haltim kami memiliki kaders yang akan maju yaitu Ketua DPK Haltim Mursid Amalan,”bebernya.

Sementara itu, Ketua Penjaringan Pilkada PKPI Haltim, Talib Elaela menyebutkan, untuk penjaringan calon kepala daerah di Kabupaten Halmahera Timur bertempat di Kantor Sekretariat Jl. Perumahan Pemda Desa  Sangaji Kecamatan Kota Maba, tepatnya di kediaman  Hude SE, yang juga sekertaris penjaringan. “Dan saat ini furmolir pendaftaran sudah kami siapkan,” tukasnya. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here