Terkenda Lahan, 1000 Bibit Mangga Arum Manis di Tikep Belum Ditanam

321
Bibit Mangga Arum Manis Yang Belum Ditanam

TIDORE, CH –  Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan (Tikep) mendapatkan bantuan bibit  Mangga Arum Manis sebanyak 2000 pohon dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Sayangnya seperdua dari jumlah bibit mangga ini belum ditanam karena terkendala lahan.

Kepada Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Imran Jasin mengatakan, paket pengembangan mangga di kota Tidore kepulauan dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian itu ada 20 hektar, 10 hektar ada di kelurahan Tosa 10 hektar di Kelurahan Rum.

Imran juga menjelaskan, paket yang diterima oleh dinas pertanian dari dirjen hortikultura kementerian pertanian, yakni 60 ton pupuk organik dan dua ribu bibit mangga Arum manis

“sekarang sudah di terima paket pupuk organik sejumlah, sekitar 60 ton sudah terbagi dua lokasi, dan sebulan yang lalu bibit mangga sudah tiba yaitu ada dua ribu pohon mangga varietas Arum manis”. Jelasnya

Lanjut Imran, untuk kegiatan penanaman bibit manga, sejauh ini sudah dilakukan oleh kelompok tani yang ada di Kelurahan Tosa, sedangkan di Kelurahan Rum masih terkenda lahan.

BACA JUGA  Dubes Spanyol Berkunjung Ke Tikep, Ali Ibrahim Harap Bisa Bangun Monumen

“Jadi untuk sementara bibit manga untuk Kelurahan Rum masih dirawat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tidore Utara dan selanjutnya ketika lahan sudah siap baru kita bisa bersama petani dan penyuluh untuk melakukan penanaman,” ujarnya.

Keterbatasan lahan di Kelurahan Rum sendiri, Imran mengaku akan mensiasati satu lokasi sampai sekitar tiga hektar untuk menjadikan pusat penanaman bibit mangga.

Untuk batas waktu penanaman bibit manga, kata Imran tidak ada batasan waktu yang diberikan, hanya saja Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian terus memantau perkembangan di lapangan.

“Dari dirjen hortikultura kementerian pertanian itu mereka terus memantau, perkembangan sejauh mana kita laporkan ke pusat, sehingga mereka mengikuti kegiatan di lapangan sudah sejauh mana,” jelasnya.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here