Terus Terjadi Pemadaman, Warga Maba Tengah Demo PLN Buli

717
Warga Maba Tengah Demo PLN Buli

BULI, CH– Pemadaman listrik yang terjadi di PT. PLN Buli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Propinsi Maluku Utara membuat kesabaran warga mulai habis. Warga dari Kecamatan Maba Tengah akhirnya menggelar aksi demonstrasi.

Puluhan warga yang mengatasnamakan Aliansi Peduli Maba Tengah ini menggelar aksi protes di depan kantor PLN Ranting Buli, Kamis (15/8/2019). Masa aksi menuntut hak mereka sebagai pelanggan PLN yang mana mereka rasa dirugikan atas pemadaman yang terus terjadi.

Menurut masa aksi, warga di Maba Tengah tidak mendapat keadilan karena yang seharusnya bukan giliran pemadaman pihak melakukan pemadaman. Selain itu pemadaman dilakukan tanpa ada pemberitahuan ke masyarakat oleh pihak PLN.

Masa aksi ini pun meminta agar malam ini, Kamis (14/8/2019) tidak terjadi pemadaman di wilayah Maba Tengah dan sekitarnya. “lampu harus nyala di wilayah Maba Tengah dan tidak ada alasan lagi kalau tidak nyala, kalau sampai orasi ini tidak di tanggapi dengan serius maka selesai HUT RI ini kami akan datang akai dengan masa yang lebih banyak,”teriak Iswan Pasi, koordinator aksi dalam orasinya.

BACA JUGA  Miris 7 Anggota DPRD Haltim Tak Hadiri Paripurna Pengesahan Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

Amcaman dari masa aksi ini mendapat respon positif dari Plh PLN Ranting Buli Karel Rikumahu, karel menjamin malam nanti hingga seterusnya tidak lagi terjadi pemadaman. “pemadaman terjadi karena kerusakan satu unit mesin yang sementara di perbaiki oleh tim teknisi dari Sofifi, dan malam ini (malam jumat, red) mesin sudah mulai normal kembali,”katanta.

Lanjut Karel, pihak PLN saat ini mulai rubah jaringan pelayanan untuk mengurangi beban pada mesin, untuk itu PLN kota Maba akan melayani beberapa desa di Kecamatan Maba mulai dari Desa Wayafli, Buli Asal sampai dengan batas Kantor PLN Buli jalan kuburan, Desa Sailal.”sedangkan PLN Buli akan melayani mulai dari sebagian desa Sailal sampai ke Wayamli Kecamatan Maba Tengah, mulai hari ini (kamis 15/8),”sebutnya.

Kapolsek Maba Iptu A. Taufik Saimima S.ip, di depan masa aksi Taufik meminta agar masa aksi  sesalu menjaga kamtibmas di desa masing-masing, untuk menyongsong HUT RI 74 serta pesta rakyat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Haltim tahun 2020 nanti.

BACA JUGA  52 Peserta Calon PPK Tes Wawancara, 1 Gugur

“kepada masa aksi, agar menyampaikan surat pemberitahuan terlebih dahulu ke Polsek sebelum melakukan aksi agar dapat dikawal oleh pihak keamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,”ujar kapolsek.

Setelah mendengar jawaban dari pihak PLN Buli dan Kapolsek Maba, puluhan masa aksi ini langsung membubarkan diri dengan menggunakan 1 buah kendaraan truk dan 1 buah mobil pic up di lengkapi dengan sound system. (Ady)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here