61 Gedung SD Di Halbar Rusak Ringan Dan Berat

200

Yorin Gogaho (Foto: Riko Noho)


HALBAR, CH– Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara membeberkan, sebanyak 61 bangun sekolah mengalami kerusakan ringan dan berat. Hal ini disebabkan kondisi bangunan yang sudah termakan usia.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Sekolah Dasar (SD) dan SMP, Yorin Gogaho menyebutkan puluhan gedung yang rusak itu terjadi di Sekolah Dasar (SD).

“Waktu itu (beberapa tahun lalu) anggaran DAK dai pusat kecil sehingga pembangunan sekolah hanya 250 sekolah SD dan SMP dan rehabilitasi tidak ada yang ada bangun baru,” kata Yorin di ruang kerjanya Senin, (14/6/2021)

Lanjut Yorin, di 2021 ini ada anggaran yang masuk dari Kementerian PUPR sebesar Rp. 19 miliar untuk 8 sekolah dan dana lainnya yaitu dari DAK dan Pokir untuk bangun gedung baru dan rehalibatasi. Sedangkan untuk sekolah lain yang telah direhab sebelumnya akan dibangun pada 2022.

“Jadi Tahun 2021 ini kami lagi persiapan berkas untuk mengusulkan anggaran, saat ini kita masi berencana pengumpulan berkas sebagai syarat pengusulan, jadi kita lihat mana yang tingkat kerusakan yang lebih parah itu yang kita dahulukan proses pengusulannya,” katanya.

BACA JUGA  Bendahara Tidak Transparan, Kegiatan Disnaketran Jalan Ditempat

Kerusakaan bangunan sekolah ini tersebar di Kecamatan Tabaru, Ibu, Ibu Selatan, Loloda, Jailolo, Jailo Selatan dan Sahu. Kerusakan terjadi di ruang kelas, perpustakaan dan kantor. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here