Dirjen Menko Maritim Tinjau Potensi Perikanan Di Halbar

161

Bupati Halbar, James Uang (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Dalam rangka mendorong sektor perikanan darat di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), Dirjen Mentri Ekonomi (Menko) Maritim, Andreas H. Taufik Alis lakukan kunjungan ke Desa Tuada, Kecamatan Jailolo.

Kunjungan Dirjen tersebut, didampingi langsung dari Dinas Perikanan Provinsi Malut, Bupati Halbar, James Uang, Kepala Bapeda, Kadis Perikanan, dan Asisten I Pemkab Halbar, Sabtu (13/03/2021).

Andreas H. Taufik Alis saat diwawancarai menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam hal meninjau atau melihat potensi perikanan di Halmahera Barat.

“Kunjungan ini, melihat produksi perikanan tangkap dan budidaya darat yang ada di Kabupaten Halbar, jadi kita lihat potensi itu, karena bertujuan dalam rangka Pengembangan Lumbung Ikan Nasioanl (LIN), jadi kita lihat potensinya,” jelasnya.

Menurut Dirjen, untuk di Malut, sala satunya di Halbar yang bakal menjadi sala satu lokasi pengembangan Lumbung Ikan Nasional.

Bupati, James dikesempatan itu ikut menyampaikan, bahwa program perikanan ini sala satunya menjadi prioritas program Bupati dan Wakil Bupati Halbar, dalam hal pengembangan sektor perikanan di Halbar

BACA JUGA  BAPPEDA Halbar Gelar Musrembang RKPD

“Dari awal dalam waktu kampanye kami suda sampaikan bahwa pembangunan itu ada skala prioritas dengan potensi daerah. Jadi seperti perikanan ini adalah potensi kita di Kabupaten Halbar jadi tetap akan dikembangkan,”katanya.

Disentil proyek Tambak Udang Faname di desa Tuada yang baru dibangun melalui sumber Anggaran Dana Insentif Daerah (DID), yang saat ini pekerjaanya belum selesai 100 persen akibat terkendala pencairan dana.

Bupati langsung meminta ke Kadis Perikanan agar priorotaskan pencairan. Menurut bupati yang namanya kerja masyarkat jangan di tahan – tahan uangnya. Bupati juga akan perintahkan bagian keungan untuk segera dicairkan, agar pekerjaan bisa berjalan dengan cepat.

Selain Perikanan, sambung James, bahwa program prioritas Pemda seperti program pertanian, budaya, perkebunan dan pariwisata ini merupaka program yang disesuaikan dengan potensi di Halbar.

“Kedepan, empat program ini harus diberi dukungan sumber yang memadai melalui dukungan dari provinsi maupun Pemerintah Pusat,”ujarnya.

Tambahnya, Pemda Halbar berkomitmen untuk mendorong sektor Perikanan, Pertanian, Pariwisata dan kebudayaan menjadi kebutuhan masyarakat, dapat mengembangankan ekonomi masyarakat Halbar.

BACA JUGA  61 Gedung SD Di Halbar Rusak Ringan Dan Berat

“Seperti Perikanan, kita suda berbincang dengan Dirjen , contohnya di Halbar ini harus disinkronkan agar program dari Dinas Perikanan Halbar disinkronkan dengan provinsi sampai ke pusat untuk mendapat nilai tambahan anggaran untuk dorongan pembangunanya,” tandasnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here