Gelar Vaksin, Bupati Dan Wakil Bupati Halbar Tak Hadir

162

Gelar Vaksin Perdana Di Halbar (Foto: Riko CH)


HALBAR, CH- Pelaksanaan Vaksin Covid-19 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Propinsi Maluku Utara (Malut) tak dihadiri oleh Bupati Danny Missy, dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando.

Berdasarkan pantauan media, pelaksanaan vaksin yang dipusatkan di Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar, Rabu (10/2/2021) kemarin itu ikut dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Halbar, Charles Richard dan Sekretaris Daerah (Sekda), Syahril Abd. Radjak. Namun, setelah di lakukan screening atau pemeriksaan oleh tim vaksinator, dua pejabat ini belum bisa divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Rosfintje Kalengit membeberkan, bupati dan wakil bupati tidak hadir dengan alasan sibuk. Selain itu bupati tidak bisa divaksin karena tekanan darahnya tinggi.

“Jadi tidak bisa divaksinasi karena untuk standar tekanan darah itu mestinya dibawah 140 dan sementara ini juga beliau lagi sibuk jadi tidak bisa hadir,” kata Rosfintje.

Ia juga mengaku kalau untuk wakil Bupati pihaknya sudah dari awal menghubungi untuk dilakukan screening. Namun waktu itu wakil bupati lagi di Ternate, jadi belum hadir.

BACA JUGA  Puluhan ASN Di Halbar Ajukan Pindah Tugas

Disebutkan, sekitar 896 tenaga kesehatan yang divaksin. Namun jumlah tersebut akan divaksin secara bertahap.

Sementara itu unsur Forkompimda yang gagal divaksin pada tahap pertama di antaranya, Kejari Halbar Salomina Meyke Saliama dan Kalapas Klas IIB Jailolo.

Ketua DPRD Halbar, Charles Richard Gustan saat ditemui di Aula Bidadari usai discreening juga menyampaikan alasannya belum divaksinasi itu karena ada riwayat gula darah.

Politisi PDIP ini juga sarankan kalau tim vaksinator melakukan vaksinasi jangan hanya datangkan alat pengecekan darah naik atau turun tetapi juga alat untuk pengecekan gula darah, dan juga asam urat.

“Jadi harapannya kedepan bukan hanya dari Forkompimda dan 10 pejabat utama tetapi masyarakat juga diberikan hak yang sama untuk dilakukan pemeriksaan dulu seperti gula darah, asam urat, darah tinggi dan darah rendah sebelum divaksinasi,” pintanya.

Sekedar diketahui, pejabat di lingkup Kantor Bupati yang di vaksin hanya Asisten I Setda Halbar, Vence Muluwere dan Kadinkes Halbar Rosfintje Kalengit.

Sementara dari unsur Forkompimda Danyon RK/732 Banau Letkol Inf. Suhendar Suryaningrat SH,M.Si, Kapolres Halbar AKBP. Tri Okta Hendri Yanto, Direktur RSUD Jailolo Syafrullah Radjilun dan juga Perwira Penghubung (Pabung) 1501/Ternate-Halbar Mayor Inf.Galih Perkasa. (Red)

BACA JUGA  DPMD Halbar Himbau Warga Laporkan Persolan Desa Sesuai Prosedur

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here