Camat Maba Buka Bimtek Laporan SPT

214

Bimtek Laporan SPT (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Camat Maba Robert Barbakem SH, membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 2021. Kegiatan bertempat di Aula kantor Camat Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Provinsi Maluku Utara (Malut), Kamis (18/3/2021).

Camat dalam sambutanya mengatakan, pengisian SPT tahunan orang pribadi, khusunya Pegawai Negeri Sipil (PNS), ini diharapkan kedepan kegiatan seperti ini juga dilakukan kepada warga masyarakat yang memiliki NPWP. Karena pembayaran pajak adalah wajib selaku Warga Negara Republik Indonesia, yang memiliki bidang usaha atau berpengasilan tetap seperti PNS, TNI-Polri dan Pengusaha.

Camat juga menegaskan, agar jangan berman-main dengan masalah pajak. Selain wajib, pajak juga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan Haltim termasuk Kecamatan Maba.

“Maka dari itu sya mengharapkan agar warga yang memiliki NPWP diluar dari PNS, TNI-Polri agar membayar pajak pribadi,”harapanya.

Di 2020 kata camat, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Haltim, melakukan Bimtek hanya melibatkan staf kantor camat. Namun di 2021 ini sudah melibatkan pihak sekolah atau Guru.

BACA JUGA  Polres Haltim Jaring 261 Warga Yang Tidak Menggunakan Masker

Camat berharap, peserta yang hadir agar dapat mengikuti bimtek ini dengan baik. Agar bisa mengakses sendiri dalam pembayaran pajak secara online.

“Kegiatan ini rutin tiap tahun, muda-mudahan tahun depan kegiatan seperti ini bisa diikut sertakan warga yang memiliki NPWP, dengan tujuan agar warga bisa tau pembayaran secara Online atau e-filing, terutama bagi pengusaha,” tukasnya.

Kepala kantor KP2KP Haltim yang di wakili oleh Wanda Vandan mengatakan, dalam kegiatan ini guna bagaimana cara pengisian laporan pembayaran pajak, serta pelaporan SPT tahunan perorangan dengan batas waktu sampai pada tanggal 31 Maret 2021.

“Kepada peserta yang hadir, agar ilmu yang didapat dalam Bimtek ini bisa disampaikan juga kepada rekanan yang belum sempat hadir dalam bimtek laporan SPT ini,” harapnya. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here