Desa Foli Kekosongan Pemimpin, Proses Pilkades Ikut Terhambat

153
Camat Wasile Tengah, Manat Hasidi

WASILE, CH- Desa Foli di Kecamatan Wasile Tengah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengalami kekosongan pemimpin. Kepala desa sebelumnya telah mengundurkan diri, untuk kembali mencalonkan kepala desa periode 2021-2027.

Semenjak kepala desa mengundurkan diri, Pemerintah Daerah setempat hingga saat ini belum menunjuk seseorang untuk menjadi Pelaksana  Harian (Plh) menggantikan posisi kepala desa yang teleh mengundurkan diri.

Camat Wasile Tengah, Manat Hasidi mengaku, dirinya telah mengusulkan ke Pemerintah Daerah agar segera mengantkan Plh. Namun hingga saat ini  belum ada informasi dari Pemerintah Daerah.

“Suda di buat usulan pergantian kepala desa ke pemerintah daera, entah akan bentuknya pejabat sementara (Pj) ataukah pelaksana harian (PLH), tingal kita tunggu,” kata Manat, saat dikonfirmasi, Jumat (5/11/2021).

Sementara itu Sekertaris Desa Foli, Fandi Gogoro berharap, Pemerintah Daerah secepatnya menerbitkan surat keputusan (SK) pergantian kepala desa. Sebab menurutnya, pencairan anggaran desa tidak bisa dicairkan. Hal ini tentunya, dapat menghambat jalanya tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang saat ini   tengah berjalan.

BACA JUGA  RKPDES Kasuba Prioritaskan Pembinaan Ekonomi Masyarakat

Selain itu, program pembangunan yang sudah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2021 juga ikut tertunda karena anggaranya tidak bisa dicairkan.

“Desa Foli juga sementara menghadapi pemilihan kepala desa, dan suda pastinya panitia butuh biayah guna melancarkan tahapan pemilihan kepala desa tersebut. Dan juga Masi banyak program desa yang sudah dianggarkan ikut tertunda karena tidak ada biayah,” keluhnya.

abdurrahman patola

Reporter: Abdurahman Patola
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here