Di Desa Wailukum Setiap KK Terima BLT Rp. 1,2 Juta

2783

Penyaluran BLT Oleh Pj. Kepala Desa Wailukum, Raidi Karjang, Selasa (12/5/2020) (Foto: Ilham CH)


MABA, CH- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Di Desa Wailukum Kecamatan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) beda dengan desa yang lain. Setiap Kepala Keluarga (KK) langsung diberikan uang cash sebesar Rp. 1.200.000.

Jangan dikira, uang sebesar itu untuk satu tahap, melainkan untuk dua tahap sekaligus (April-Mei). “Jadi kami salurkan dua tahap sekaligus, karena penyaluran ini sudah terlambat seharusnya tahap satu disalurkan pada bulan April kemarin karena terlambat makanya kami salurkan sekaligus dengan tahap dua,” kata Pj. Kepala Desa Wailukum, Raidi Karjang, usai penyerahan BLT yang berlangsung, Selasa (12/5/2020).

Jumlah KK yang berhak menerima BLT sebanyak 221  KK dari total 303 KK yang ada di Desa Wailukum. Jumlah KK yang menerima bantuan ini kata Raidi sudah sesuai dengan kriteria penerima BLT yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020.

BACA JUGA  BPD Desa Buli Asal Resmi Bentuk Panitia Pilkades

“Setelah dilakukan verifikasi data sesuai dengan kriteria penerima BLT ditemukan hanya 221 KK yang berhak menerima,” sebutnya.

Total anggaran BLT tahap satu dan dua yang disalurkan ini sebesar Rp. 265.200.000 dengan rincian per KK Rp. 1.200.000.

Penyaluran BLT ini ikut disaksikan langsung oleh empat Ketua RT, anggota Bhabimkamtibmas, serta pihak TNI. “Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu bapak ibu dalam menghadapi pandemi  Covid-19,  dalam waktu dekat kami akan segera salurkan BLT tahap tiga,” harap Raidi.

Sebelumnya, BLT yang disalurkan dua tahap sekaligus ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Tatangapu di Kecamatan Maba Tengah. Sementara desa lainya disalurkan per tahap sebesar Rp. 600 ribu per KK.  (Red)

Reporter: Ilham Husen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here