Diminta Mundur, Kades Ini Justru Berikan Pujian ke Pendemo

244

Arman Duwila

SANANA, CH- Kepala Desa yang satu ini patut diacungkan jempol. Meskipun kepemimpinanya disoroti melalui aksi demo, dia justru menanggapinya dengan tenang.

Dia adalah Arman Duwila, Kepala Desa Wainib Kecamatan Sulabesi Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula. Arman didemo oleh warga bersama dua organisasi kemahasiswaan di kabupaten setempat.

Aksi unjuk rasa berlangsung di Kantor Kejaksaan dan Kantor Bupati, Kamis (16/9/2022). Masa aksi dengan tegas meminta Pemerintah Daerah setempat segera memberhentikan Arman dari jabatan Kepala Desa, atas dugaan sejumlah masalah.

Menanggapi aksi ini, Arman Duwila malah memberikan pujian dan apresiasi positif kepada para masa aksi. Sebab menurut dia, aksi yang dilakukan oleh warga dan dua oraganisasi kemahasiswaan itu bagian dari fungsi kontrol terhadap dirinya.

“Itu hak mereka dalam dunia demokrasi. Saya memberikan apresiasi karena aksi itu bagian dari kontrol sosial,”tutur Arman kepada wartawan.

Arman menjelaskan, pada aksi sebelumnya, dirinya sudah memanggil masa aksi untuk memberikan penjelasan terkait apa yang mereka tuduhkan kepadanya. Hanya saja masa aksi tidak mengindahkan dan langsung pergi ke Kantor Camat setempat untuk melanjutkan aksi.

BACA JUGA  Finalis Duta Maritim Undang Mentri Pariwisata ke Kabupaten Sula

“Akan tetapi tidak apa-apalah, karena itu warga saya. Intinya saya apresiasi sajalah,” ucap mantan Ketua BEM Fakultas Teknik Unkhair periode 2009-2010.

Sanjungan positif ke Arman juga datang dari warga setempat. Salah satunya adalah Nasirun Umasugi. Menurut Nasirun, aksi yang melibatkan sejumlah oknum warga dari Desa Wainib itu diduga ada kepentingan tertentu.

Nasirun mengaku, telah mengetahui jelas bahwa masyarakat Wainib yang ikut serta dalam aksi ini merupakan warga yang sejak awal tidak menginginkan Arman Duwila menjadi kepala Desa pada pemelihan Pilkades beberapa waktu lalu.

“Kami masyarakat Wainib yakin Pemerintah Daerah akan bijak menyikapinya persoalan ini,” ujarnya.

Reporter: (K-P)
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here