Gelar Baksos, Bupati Haltim Ajak Warga Jaga Kebersihan

196

 

Bupati Haltim, H. Ubaid Yakub Saat Memungut Sampah


MABA, CH- Bupati Halmahera Timur (Haltim) H. Ubaid Yakub, bersama istri Ny. Hj. Sitinur Ubaid, Jumat (10/7/2021) kemarin menggelar bakti sosial di pesisir pantai Desa Soagimalaha Kecamatan Kota Maba.

Bakti sosial itu, ikut melibatkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pengurus TP. PKK Haltim. Tampak terlihat juga Pemuda Desa Soagimalaha dan Satgas PAM Rahwan (TNI) dan masyarakat setempat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Desa Soagimalaha khususnya dan masyarakat Haltim pada umumnya agar jangan membuang sampah sembarangan, baik di pantai maupun di daratan yang bukan tempat sampah, ini akan terjadi pencemaran lingkungan,” himbaunya.

Orang nomor satu di Pemkab Haltim ini
mengajak OPD dan  masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan. Selain bagian dari ibadah, kebersihan juga kata bupati untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta penyakit lainya.

Camat Maba, Rober Barbakem, Tampak Terlihat Mengangkut Sampah

Bakti sosial juga dilakukan oleh
Camat Maba, Robert Barbakem SH. Bakti sosial ini berlangsung di pesisir pantai Teluk Buli dengan melibatkan anggota Koramil, Polsek Maba, Tim Pengelola Sampah, Karang Taruna Desa Teluk Buli, Pemerintah Desa dan BPD serta masyarakat di desa tersebut.

BACA JUGA  Hujan Deras, Dua Desa Di Haltim Tergenang Banjir

Selain di pesisir pantai, camat juga meminta warga agar berhenti membuang sampah di jalan 40, maupun lahan kosong diseputaran jalan umum. Dia berharap warga membuang sampah di tempat sampah yang sudah disediakan oleh masing-masing pemerintah desa.

“Apabila ditemukan maka akan diberikan sangsi yang cukup berat, sebab sampah yang berhamburan di pinggir jalan itu kenakalan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, apabila ditemukan maka akan diproses hukum,” tegasnya.

Sampah yang dibersihkan di pantai Desa Teluk Buli langsung diangkut oleh petugas sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di kilo meter 9 arah Gunung Uni-uni.

Nehemia bustami

Reporter : Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here