Hasil Musrembang 2020, Kecamatan Maba Dapat 8 Paket Proyek

805
cerminhalmahera
Kegiatan Musrembang Tingkat Kecamatan Di Buli (Foto: Nehemia CH)

BULI, CH- Di 2020 ini wilayah Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mendapat kebagian 11 paket proyek. Proyek ini merupakan hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) kecamatan di 2019 kemarin. Sementara Musrembang 2021 masih dalam tahap pengusulan.

Jumlah proyek yang akan tersalur dalam tahun ini diantaranya, pembangunan Pusat Informasi TIC dan perlengkapan di Kantor Camat Maba, rehabilitasi 2 ruang kelas belaja di SD Inpres Geltoli, rehabilitasi 3 Ruang kelas belajar di SMA Negeri 1 Maba di Buli,  pembangunan ruang kelas belajar di SMPN 11 Maba di Pekaulang, pengadaan barang medis habis pakai, Marka jalan dari Buli ke Bandara, pengadaan armada tangkap 3 GT, dan pengadaan jaring ikan 2,5 inci.

“Ada juga tiga aitem program tahun 2020 untuk 10 Kecamatan yaitu, pengadaan mobilier sekolah Taman Kanak- Kanak (TK), pengadaan bahan Medis habis pakai pengendalian malaria, dan pengadaan alat atrodometri, untuk semua Puskesmas,”  Sebut Ketua Tim dari BP4D Haltim Muhammad Furkon, di acara Musrembang 2021 yang berlangsung di Kecamatan Maba, Rabu (4/3/2020).

BACA JUGA  Dana Operasional Desa Di Haltim Tak Cair, Ternyata Ini Alasanya

Dalam acara Musrembang 2021 tingkat kecamatan ini, para kepala se Kecamatan Maba mengusulkan 55 program kegiatan, namun dibatasi masing-masing desa dua program yang menjadi prioritas. Maka yang diusulkan 15 pragram, 10 usulan cadangan priotas dan daftar tunggu 30 usulan.

Dari 15 usulan proritas dan 10 cadangan Proritas untuk tahun anggaran 2021 untuk Desa Teluk Buli program prioritas bangunan bronjong dan jalan tani sebagai program cadangan, Desa Baburino yang diprioritas normalisasi sungai dan cadangan pengadaan bronjong dengan volume 4.000 meter,  Desa Buli Asal, program prioritas pagar SMP N Satap Buli Asal dan  cadangan Jembatan kali Buli Asal volume 40 meter,  Desa Sailal prioritas pembukaan jalan dan cadangan  saluran air (drainase), Desa Wayafli prioritas tiga ruang belajar SMP N Satap yang baru dan cadangan normalisasi kali Fayafli,  Desa Gamesan prioritas jembatan beton Desa Gamesan dan cadangan lanjutan normalisasi kali Gamesan.

Sementara untuk Desa Buli prioritas lapen jalan dan cadangan sertu jalan efakuasi,  Desa Geltoli prioritas 1 unit gedung pasar dan cadangan  pemasangan jaringan air besih,  Desa Pekaulang prioritas pembangunan rumah guru,  Desa Buli Karya prioritas lapen jalan menuju TK Aisiyah. Sedangkan untuk  kecamatan prioritas pengaspalan jalan kuburan desa Geltoli  dan rehap total 8 Ruang Kelas Belajar (RKB).

BACA JUGA  4 Peserta WPI Asal Haltim Ke Jakarta Tanpa Bantuan Dari Pemda Dan PT. Antam

Camat Maba Robert Barbakem SH, dalam sambutannya mengatakan, setiap usulan di tiap desa hanya 1 yang diproritaskan yang akan dianggarkan dalam APBD 2021. Camat juga mengingatkan para kepala desa bahwa usulan yang sudah dimasukan dalam anggaran CSR, dan Dana Desa (DD) jangan lagi dimasukan dalam Musrembang.

Camat juga mengingatkan agar para kepala desa terus mengawal apa yang sudah diusulkan pada Musrembang. “Sebab pada tahun-tahun sebelumnya ada desa yang usulanya tidak diakomodir karena tidak mengawal dalam Musrembang Kabupaten, untuk itu usulan kali ini harus dikawal agar program yang di usulkan dapat diakomodir,” harapnya.

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here