Hasil Produksi Pakan Ternak Oleh Kelompok Tani di Wasile Timur Bakal di Kirim ke UGM

200
Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Oleh Pemerintah Desa Rawamangun dan Akedaga

HALTIM, CH– Puluhan petani ternak di Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak. Hasil dari pelatihan ini pun akan dikirim ke Universitas Gaja Mada (UGM) untuk dianalisa.

Sebanyak 60 peserta yang ikut dalam pelatihan ini. 30 peserta dari Desa Rawamangun, dan 30 peserta lainya dari Desa Akedaga. Pelatihan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Akedaga ini merupakan program pemberdayaan Pemerintah Desa Rawamangun dan Akedaga yang dibiayai oleh Dana Desa (DD) 2021.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halamhera Timur, Ali sodikin, S.Pdi dan didampingi oleh Camat Wasile Timur, Malawat Soar serta Kepala Desa Rawamangun dan Akedaga.

Dalam pelatihanya, dua pemerintah desa ini menghadirkan pemateri dari Universitas Khairun Ternete. Mereka adalah Dr. Nur Sjafani, S.Pt., M.Si dan Dr. Emy Sailan, S.Pt., MP. Setelah memaparkan materi di hari pertama, Selasa (28/12) di Aula Kantor Desa Akedaga, dua pemateri ini bakal melakukan praktek pembuatan pakan ternak di hari kedua, Kamis (29/12) di tribun Lapangan Desa Rawamangun.

BACA JUGA  Camat Buka Palang Kantor, Reaksi Warga Wasile Selatan Kembali Mencuat

Ada tiga materi dalam pembuatan pakan ternak, pertama pembuatan pakan silase, pembuatan pakan konsentrat dan pengelolaan limbah batang pisang difermentase menjadi pakan.

Ketua Panitia Kegiatan, Yudo Setiono, S.Pt mengaku masih banyak petani ternak yang menjadikan peternakan hanya sebagai usaha sampingan, dan pemeliharaannya masih tradisional. Sehingga kata dia, pelatihan ini sangat penting agar stok pakan selalu tersedia untuk mencapai hasil ternak yang maksimal.

“Hasil praktek pakannya nanti kita akan kirim ke UGM Undip Semarang untuk proksimat kadar pakan sehingga dapat mengukur kebutuhan pakan ternak, dan nantinya kita akan jadikan brand jika ada yang mengelolah baik itu peternak maupun BUMDes,” harap Yudo.

abdurrahman patola

Reporter: Abdurrahman Patola
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here