Polres Haltim Seleksi 85 Calon Bintara Polri

415

Proses Seleksi Rikmin Oleh Pihak Polres Haltim (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Polres Halmahera Timur (Haltim) mulai melakukan seleksi pemeriksaan administrasi (Rikmin) terhadap 85 peserta yang mendaftar sebagai calon Bintara Polri 2020.

Seleksi Rikmin yang berlangsung  di Gedung Serbaguna Tri Brata Polres Haltim ini dimulai sejak Jumat hingga Minggu, (23/8/2020). Selain seleksi Rikmin, para peserta juga dilakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Verifikasi ini dibagi tiga tahap yakni pada hari pertama 30 peserta, hari kedua 30 peserta dan hari ke tiga 25 peserta. Dari jumlah peserta, 65 peerta laki-laki dan 20 orang perempuan.

Seleksi awal ini melibatkan tim internal dan eksternal. Tim eksternal yakni dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), Dinas Pendidikan Haltim serta Dinas Pendidikan Cabang Maluku Utara, serta lembaga independen sebagai fungsi pengaawas. Sedangkan tim internal dari  jajaran Polres  yaitu Bagian Sumda, Seksi Propam dan Siwas.

Kapolres Haltim, AKBP. Mikael P Sitanggang, S.IK. MH, melalui IPDA. Makmum selaku Ketua Tim verifikasi calon Bintara Polri ke Cerminhalmahera.com mengatakan,
seleksi penerimaan calon anggota Polri diterapkan empat prinsip yakni, bersih, transparan, akuntabel, dan humanis (BETAH).

BACA JUGA  Sepak Terjang Camat Wasile Selatan Gadaikan Lahan Ke PT. IWIP Berakhir Di Tangan Pemdemo

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi awal di Polser Haltim para peserta  akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Maluku Utara. “Jangan mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri. Intinya, belajar, persiapkan fisik dan juga mental yang baik, percayakan pada kemampuan diri sendiri, dan selalu berdoa itu yang terpenting,” pesan, Makmum ke para peserta. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here