Ingin Melamar Di PT. IWIP Tidak Perlu Ke Halteng, Langsung Ke Disnaketrans Haltim

4618

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Haltim, Ifdal Rajak (Foto: Nehemia CH)


MABA, CH- Kabar gembira khusus bagi warga Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang ingin melamar pekerjaan di PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). Tak perlu harus ke Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), bisa langsung ke Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnaketrans) Haltim di Kota Maba.

Mulai besok, Rabu (10/3/2021), Disnaketrans Haltim membuka pendaftaran bagi warga Haltim yang ingin melamar di PT. IWIP. Berkas atau syarat lamaran diantar langsung ke Kantor Disnaketrans Haltim. Selanjutnya berkas para pencari kerja itu akan diserahkan ke pihak PT. IWIP oleh Disnaketrans.

Langka ini diambil untuk mengurangi beban warga Haltim yang harus bersusah payah ke Halteng untuk memasukkan lamaran, sekaligus menghindari kecelakaan.

“Mulai besok (Rabu) kami sudah buka pendaftaran, langkah ini untuk menghindari kecelakaan dan mengurangi biaya, selama mereka menunggu panggilan, sebab biaya sangat besar kalau menunggu,” kata Kepala Bidang Ketenagakerjaan Haltim, Ifdal Rajak SH, MH, saat ditemui cerminhalmahera.com di kediaman
Ketua Komisi II DPRD Haltim Mursid Amalan. SP, Selasa (9/3/2021).

BACA JUGA  Ini Ruas Jalan Yang Dibangun Oleh Pemkab Haltim

Lanjut Ifdal, ini merupakan hasil kesepakatan antara Pemerintah Daerah dan DPRD Haltim bersama PT. IWIP saat melakukan pertemuan di Halteng baru-baru ini. Selain itu, hasil kesepakatan harus adanya kantor perwakilan PT. IWIP di Nusa Jaya Ekor Kecamatan Wasile Selatan.

Untuk persyaratan lamaran, Ifdal meminta agar para pencari kerja langsung berhubungan dengan camat dan para kepala desa setempat, karena sudah ada surat edaran yang disampaikan ke mereka.

“Setelah itu lamaran yang diterima oleh Naker langsung diserahkan ke Perwakilan PT.IWIP setelah di Verifikasi, maka yang lolos akan di hubungi langsung dari pihak perusahaan kepada yang pencari kerja tidak lagi melalui Naker, maka pelamar harus mengatifkan HP,” harapnya.

Ifdal mengingatkan kepada pencari kerja agar selalu menjaga kesehatan, sebab akan dilakukan beberapa tes, salah satunya adalah tes kesehatan oleh pihak PT. IWIP setelah pencari kerja itu dipanggil.

“Kebutuhan tenaga kerja oleh PT. IWIP kurang lebih 35 ribu pekerja, yang baru diterima 2 ribu sekian termasuk 600 orang dari Haltim,” sebutnya.

BACA JUGA  11 Peserta Gugur Seleksi PPK Haltim

Kebijakan ini mendapat respon positif dari Mursid Amalan. Menurutnya, para pelamar yang mendaftar melalui Disnaker, benar-benar warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Haltim. Bagi yang tidak ber KTP Haltim, pelamar langsung membawa lamarannya ke PT. IWIP di Desa Lelilef Halteng.

“Kepada Disnaker, agar waga Haltim yang sudah berada di Halteng untuk mencari kerja di PT.IWIP agar di masukan dalam daftar, agar bisa diketahui berapa banyak jumlah warga Haltim yang sudah di terima oleh PT. IWIP,” pintanya. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here