Ini Hasil Musdes Program 2022 Desa Baburino

94

Penyerahan  Hasil Penetapan RKPDes Oleh Ketua BPD, Simon Batawi ke Kepala Desa Baburino, Radius Sabuanga

HALTIM, CH- Pemerintah Desa Baburino telah menetapkan Rancangan Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2022. Penetapan ini melalui Musyawarah Desa (MUSDes) yang berlangsung, Sabtu (12/2/2022).

Kegiatan ini di buka langsung oleh
Ketua BPD Baburino, Simon Batawi. Dalam sambutanya, Simon meminta dalam penetapan RKPDes ini harus benar-benar program yang diprioritaskan, agar tidak lagi dilakukan perubahan.

“Kepada Tokoh Adat, Agama, Pemuda, Masyarakat, agar memasukan program itu benar-benar bermanfaat di masyarakat,” harapnya.

Suasana Musdes Penetapan RKPDes 2022

Sementara, Kepada Desa Baburino, Radius Sabuanga mengatakan, di 2022 ini Dana Desa (DD) mengalami penurunan, yakni dari Rp. 986, juta sekian turun menjadi Rp.842 juta sekian. Dana ini diperuntukkan untuk penyaluran BLT, Pendidikan, Kesehatan, Stanting dan Pembangunan.

Meskipun ada penurunan DD, Pemerintah Desa Baburino masih mendapatkan sumbangan pihak ketiga berupa Condev dan CSR sebesar Rp. 650 juta.

Dari hasil penetapan RKPdes, dana dari PT. Antam ini digunakan untuk rabat bahu jalan, pembukaan jalan baru, balai dusun satu, pemasangan instalasi listrik 8 unit, lanjutan saluran air, pengadaan mesin disel satu unit, mesin molen, bangun baru pagar, pemasangan lampu jalan tenaga surya, PKK, air bersih dan pemberdayaan.

BACA JUGA  Pemdes Sil Salurkan BLT Dan Alat Pencegahan Covid 19

“Dari 22 program di 12 bidang oleh Pemerintah Desa, namun ada penambahan program dari peserta, yakni PAUD, siswa berprestasi, bangunan gereja, talud, nelayan, pengadaan bibit, dan timbunan di Dusun Waisumo. Ada penambahan dari petugas Stanting yakni, tempat tidur dan kasur, serta informasi dan publikasi,” sebut Radius.

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here