Pemdes Lolelamo Sukses Gelar Musdes Penetapan APBDes 2023

73

Suasana Musdes Penetapan APBDes 2023 Desa Lolelamo

HALTIM, CH- Pemerintah Desa Lolelamo di Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara akhirnya selesai menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023.

Penetapan APBDes melalui Musyawarah Desa (Musdes) ini dibuka langsung oleh Tim Pengelolaan Dana Desa (DD) Kecamatan Maba Selatan, Muhammad A. Fauto mewakili Camat Maba Selatan, Nasrun Wom di Kantor Desa setempat, Senin (10/1/2022) malam.

Dihadapan peserta Musdes, Muhammad yang didampingi pendamping desa, Mulyadi Kadir menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Untuk BLT Dana Desa di tahun ini (2023) bukan lagi BLT Covid, tapi BLT Extrim yang diperuntuhkan bagi orang yang benar-benar tidak mampu seperti cacat, janda duda yang lanjut usia,” sebutnya.

Peserta Musdes

Selain itu Muhammad juga menyebutkan, BLT tahun sebelumnya yang diplot 40 persen dari total DD di masing-masing desa di 2023 ini berkurang menjadi 15-25 persen. Untuk itu ia meminta kepada warga agar jangan berkecil hati jika nantinya tidak lagi mendapat kebagian BLT.

BACA JUGA  83 KPM di Desa Wayamli Terima BLT Tahap II

“Perlu juga saya sampaikan tahun ini Dana Bagi Hasil (DBH) naik secara signifikan. Kita harus berikan apresiasi kepada pemerintah daerah,” sebutnya.

Sementara itu, Mulyadi Kadir menegaskan, Musdes penetapan APBdes ini penting sekali untuk dilaksanakan. Sebab salah satu syarat untuk mencairkan anggaran tahap pertama di 2023 ini harus berdasarkan bukti Musdes penetapan APBDes 2023.

Kepala Desa Lolelamo, Hasib Tjan dalam kesempatan itu menegaskan, APBDes yang telah disahkan ini tidak terlepas dari aitem pekerjaan yang telah disepakati bersama melalui Musdes beberapa waktu lalu.

“Salah satunya adalah asrama Mahasiswa Lolelamo di Kota Ternate yang tahun ini kami realisasikan,” sebutnya.

Hasib juga meminta kepada seluruh masyarakat Lolelamo agar bersama Pemerintah Desa untuk sama-sama membangun Desa Lolelamo ke depan yang jauh lebih baik.

Sementara itu, APDes 2013 Dssa Lolelamo yang ditetapkan,  DD Rp. 1.074.670.00, ADD Rp. 439.213.422, DBH Rp. 212.333.932. Total Rp. 1.726.217.354.

Musdes yang ikut dihadiri oleh Ketua BPD, Fitri Hasan beserta anggotanya berjalan aman dan lancar.

BACA JUGA  Pemdes Bicoli Bagi-Bagi Uang Tunai Rp. 138,6 Juta Ke Warga

Reporter: Tim
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here