Ini Kronologis Warga Lolasita Hilang Di Laut Maba Utara

1423

Tampak Terlihat Puluhan Warga Di Atas Jembatan Desa Sosolat Saat Hendak Melakukan Pencarian (Foto: Nehemia CH)


MABA, CH- Masie Delov, (80) warga Lolasita Kecamatan Maba Utara Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang hilang di laut sejak, Rabu (22/4/2020) hingga saat ini belum juga ditemukan. Tim Basarnas dari Halmahera Utara (Halut) bersama warga masih terus melakukan prose pencarian.

Berdasarkan hasil penulusuran Wartawan Cerminhalmahera.com di lokasi kejadian. Masie bersama sang istri Vadia Kabusa (40) dan 3 anak serta 1 orang menantu tinggal di sebuah rumah kebun di Dusun Kekewe Desa Sosolat. Pada Rabu pagi, sekitar pukul 07.00 WIT, Masie ke luar melaut dengan menggunakan perahu sampan untuk mancing ikan.

Hingga pada pukul 14.00 WIT, Maryono Masie bersama istri dan dua saudara perempuan serta sang ibu Vadia Kasuba ikut ke pantai mencari ikan di batu karang. Sekitar pukul 15.30 WIT, Masie sudah mulai menepi ke bibir pantai. Saat itu Maryono memberikan isyarat dengan tangan ke sang ayah (Masie) untuk menepih ke pantai tempat Maryono bersama sang ibu berada. “Namun karena ombak, papa (Masie) memberikan isyarat dengan tangan bahwa papa (ayah) saya akan sandar di pelabuhan,” cerita Maryono anak kedua dari tiga bersaudara, saat ditemui Cerminhalmahera.com di Pelabuhan Sosolat.

BACA JUGA  PT. STS Mulai Sosialisasi Pekerjaan Infrastruktur

Setelah mendapat isyarat dari ayahnya untuk sandar di pelabuhan, Martono bersama sang ibu, istri dan kedua saudaranya langsung pulang ke rumah. Sekitar 30 menit di rumah, Maryono kembali ke pesisir pantai dengan tujuan untuk menjemput ayahnya karena waktu sudah mulai malam. Maryono dengan penerang senter, menelusuri pantai dengan memanggil-mangil sang ayah namun tidak ada respon dari sang ayah. Saat itu waktu sudah menunjukan pukul 18.30 WIT, Maryono terus berjalan menulusuri bibir pantai dan menemukan perahu yang digunakan sang ayah sudah terdampar dalam keadaan rusak. Sementara sang ayah tidak ditemukan.

Maryono langsung bergegas ke Desa Sosolat menceritakan hal itu ke saudara sepupunya. Atas informasi tersebut, warga di Desa Sololat ke luar ke tepi pantai melakukan pencarian. Hingga pada pukul 19.00 WIT, warga Sosolat dengan menggunakan dua perahu bermesin gantung melakukan pencarian ke laut, sementara sebagian warga melakukan penyisiran di bibir pantai. Hingga pada pukul 20.15, warga dari Desa Lolasita menggunakan dua perahu bermesin gantung tiba di Desa Sosolat untuk ikut  melakukan pencarian.

“Sebelum papa saya menuju pelabuhan, papa sempat berdekatan dengan Ongso (Sepupu) yang baru pulang mangail (mancing) dengan perahu giop. Ongso sempat bilang ke papa untuk tarik perahu ke darat, tapi papa saya tidak mau. Jadi Ongso hanya kase ikan di papa langsung pulang kase tinggal papa yang masih mangail,” beber Maryono.

BACA JUGA  Pemdes Waci Terima Bantuan Hewan Qurban Dari DWP Haltim

Danpos Basarnas Tobelo Halmahera Utara M. Rizal Kamis, kepada Cerminhalmahera.com mengatakan, pada hari pertama, Kamis (23/4/2020) melakukan pencarian belum menemukan titik terang keberadaan korban. “Kami melakukan pencarian diduga pada titik koordinat sesuai informasi dari anak korban di mana anak korban menemukan parang dan karung yang berisi potongan besi milik korban,” kata M. Rizal.

Lanjut Rizal, pencarian terhadap korban akan berlangsung selama 5 hari, sambil menunggu peta dugaan titik koordinat korban. “Saat ini kami masih menunggu Peta dugaan titik koordinat korban, arus air laut dan arah angin, dari Basarnas Ternate, kalau sudah ada maka akan mempermudah untuk mencari korban,” tukasnya.

Pantauan Cerminhalmahera.com di lokasi kejadian, pencarian korban sejak Rabu hingga Kamis (23/4/2020) sore oleh tim Basarna yang dibantu oleh masyarakat Lolasita dan masyarakat Kasuba dengan menggunakan mesin Kompresor belum mendapat korban. Proser pencarian ikut dipantau langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Haltim, Mursid Amalan, Kepala Desa Momole, Nasruddin Mahmud dan Kepala Desa Kasuba Sadek Salama. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here