Ini Nama-nama Penumpang Tenggelamnya KM. Sinar Marito di Perairan Haltim

HALTIM, CH- Kapal Motor (KM) Sinar Marito mengalami kecelakaan di perairan Desa Labi-labi Kecamatan Wasile Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Kapal bermuatan kopra dan penumpang itu bertolah dari Kabupaten Haltim menuju Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.

Informasi yang dihimpun cerminhalmahera.com, kapal tersebut bertolak dari Desa Jara-jara (Haltim) sekira pukul 08.00 WIT, Selasa (16/5/2023). Kapal yang tengah berlayar menuju Tobelo itu, sekira pukul 12.00 WIT, diterjang angin kencang. Ombak yang begitu besar membuat air laut masuk ke dalam kapal sehingga mati mesin, badan kapal kemudian berlahan ikut tenggelam di perairan Desa Tatam dan Labi-labi.

Penumpang dan ABK Setelah Dievakuasi

Beruntung di lokasi kejadian, masih ada jaringan Telkomsel. Boni Bauronga, salah satu penumpang yang ikut di dalam kapal naas itu berhasil menghubungi keluarga yang berada di Desa Jara-jara dan Jiko untuk meminta pertolongan melalui handpone.

Tak lama kemudian, masyarakat dengan menggunakan perahu viber mulai berdatangan ke lokasi kejadian. Para penumpang dan ABK kapal langsung dievakuasi ke Desa Tatam. Hanya nahkoda kapal dan seorang ABK yang masih bertahan di dek kapal hingga pada pukul 15.05 WIT.

Tim SAR Halmahera Utara baru tiba di lokasi kejadian pada pukul 17.15 setelah mendengar informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Haltim.

“Setelah mendapat informasi dari Boni Bauronga, kami langsung berkomunikasi langsung dengan Tim Sar gabungan yakni Tim Rescue Pos SAR Tobelo, KUPP Tobelo, Pol Airud Polres Halut dan Markas Unit Polair Polda Maluku Tobelo. Tim Sar Tobelo Halut langsung menuju lokasi,” kata Kepalada BPBD Haltim, Darso Gadjal.

Kapal tersebut diketahui milik Kepala Desa Jara-jara, Elon Koremie. Saat berlayar menuju Tobelo, kapal tersebut mengangkut 14 orang yang terdiri dari penumpang, ABK dan nahkoda kapal. Kapal itu juga mengangkut 16 ton kopra dan 142 koli ikan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian diperkirakan mencapai hingga ratusan juta.

Berikut nama 14 orang yang ikut dalam kapal naas tersebut, Rusna Gorahe (70), Abdul Harit Jauhar (18), Juliati Jauhar (16), Yerna Kaoci (53), Bayu Muslim (48), Karlin Bauronga (37), Yul Abd Rahman (40), Jendrik Sondak (22), Pit Danawaka (57), Joni Wange Malako (68), Fenti (p), Yelmina Romoni (53), Tein Mailuas (31) Capten, dan Irwan Lilipi (32) ABK. Seluruh korban selamat, dan sudah kembali ke Desa Jara-jara.

Nehemia bustami
Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

Show More
Back to top button