Joko Ahadi Minta DPRD Malut Alokasikan Dana Penanganan Banjir di Halbar

93
Anggota DPRD Halbar, Joko Ahadi

HALBAR, CH- Anggota DPRD Propinsi Maluku Utara (Malut) diminta untuk mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 untuk penanganan banjir di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Permintaan ini disampaikan oleh Ketua komisi I DPRD Halbar, Joko Ahadi. Khususnya kepada anggota DPRD Malut daerah pemilihan (dapil) Ternate-Halbar yang pernah melakukan reses atau kunjungan kerja ke wilayah terdampak banjir  di Desa Tongute Ternate Halbar pada Juni 2021 lalu, agar menyisihkan anggaran pada pembahasan APBD 2022 untuk penanganan banjir.

“APBD pemerintah daerah tingkat II ini tidak mencukupi untuk kita mendanai penanganan banjir sekaligus, karena titik-titik bencana di Desa Tongute Ternate itu berada pada kisaran 10 miliar. Untuk itu DPRD Malut dapil Ternate-Halbar bisa alokasikan anggaran untuk penanganan banjir,” ujar Joko, kepada sejumlah wartawan dikantin Kantor Bupati Halbar baru-baru ini.

Kata Joko, di desa tersebut penanganan banjir seperti pembuatan talut suda ada, hanya saja bidang tanahnya suda naik sehingga, jika curah hujan tinggi air mudah meluap ke pemukiman penduduk dan masuk sampai ke rumah warga.

BACA JUGA  Angaran Daerah Kosong, Pemda Halbar Minta Bantuan Ke BWS Malut

“Solusinya kecuali normalisasi yakni penggarukan dasar sungai lebih kedalam agar dapat mengatasi ancaman banjir,” jelasnya.

Riko Noho

Reporter : Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here