Kelompok Tani Milenial Agribisnis Ummu Ternate Panen Raya Tomat

404
Rektor UMMU Ternate, Prof. Dr. Saiful Deni S.Ag. M.Si Saat Ikut Panen Tomat (Rustma CH)

TERNATE, CH – Kelompok Tani Milenial di Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (Ummu) Ternate melakukan panen raya tanaman tomat sebanyak 150 kilo gram dari 2.000 ribu pohon yang ditanam.

Kegiatan panen raya tanam ini tepatnya di Kelurahan Fitu Ternate Selatan dengan lahan seluas setengah hektare milik Universitas Muhammadiyah Malut, pada Kamis(18/2/2021)

Kegiatan panen raya ini juga  dihadiri langsung oleh Rektor UMMU Ternate, Prof. Dr. Saiful Deni, S.Ag. M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Hery Djainal, Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ahmad Talib. SP.M.Si, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kota Ternate Selatan, Asosiasi Pertanian Malut dan Perhimpunan Agronomi Malut.

Rektor UMMU Ternate Dr. Saiful Deni, S.Ag., M.Si. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan oleh Mahasiswa Program Studi Agribisnis sebagai upaya untuk mengaplikasikan ilmu yang telah  didapat.

“Saya sangat mendukung untuk pengembangan lahan kedepan,”katanya.

BACA JUGA  Pangdam XVI/Patimura Bersilaturahmi Dengan Gubernur Malut

Rektor UMMU Ternate Saat Memberikan Arahan (Foto: Rustam CH)

Sementara Ketua Program Studi Agribisnis, Munawir Muhammad kepada wartawan mengatakan, kelompok tani milenial Prodi Agribisnis yang terbentuk sejak 2018 hingga saat ini tentu telah banyak melakukan berbagai kegiatan, dia berjnaji akan selalu membina dan terus melakukan hal terbaik untuk para generasi selanjutnya untuk terus berkarir pada dunia pertanian.

Pihaknya juga menjelaskan, Prodi yang digengamnya ini tidak hanya melakukan satu pengembangan saja, namun dilakukan banyak  pengembangan lainnya, mulai dari pengembangan tanaman sayuran seperti sawi, bayam, kangkung cabut, cabe, bawang merah lokal topo, tomat, kol dan pengembangan tanaman selada dengan media tanam menggunakan system hidroponik.

“Hingga saat ini kelompok tani milenial agribisnis UMMU sudah membuat aplikasi penjualan Online yang di beri nama Agrimart UMMU, aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan agar memperluas jaringan pemasaran,”pungkasnya.

Munawir juga berharap, kegiatan -kegiatan seperti ini para pemuda dapat mengambil peran agar memajukan pertanian di Malut dan pada umumnya di Indonesia.

BACA JUGA  Melalui Rakerda, PDIP Malut Mulai Ancang-Ancang Untuk 2024

“Harapan kami kegiatan seperti ini semoga para pemuda bisa mengambil peran untuk memajukan pertanian di wilayahnya masing-masing dan di Maluku Utara pada umumnya,”harapnya.

Tak sampai di situ, hal yang sama juga disampaikan Wahyono Bahmid, yang juga sebagai anggota dalam kelompok tani milenial bahwa, pengembangan tanaman tomat di lahan agrowisata UMMU untuk tomat yang di tanaman berjumlah 2.000 pohon, sehingga  pada tahap panen pertama sebanyak 150 kilo gram. Selain tomat, tanaman lain yang ikut dikembangkan juga berupa sayu-sayuran yang masa panennya hanya berkisar 1 bulan

“Kami sangat berterima kasih kepada Pihak kampus maupun dari Balai Penyuuhan Pertanian (BPP) Tenate Selatan dan pihak lain yang selau mendukung kegiatan kelompok tani milenal, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik”tandas Ono, sapaan akrab Wahyono Bahmid. (Red)

Rustam gawa

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here