Mursid Amalan Reses Ke Warga Terdampak Banjir Di Maba Tengah

543

Mursid Amalan Saat Meninjau Langsung Kondisi Banjir Di Desa Maratana Jaya Dan Dorolamo. (Foto: Nehemia CH)


MABA, CH- Puluhan rumah warga di
Desa Maratana Jaya dan Doromoi Kecamatan Maba Tengah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tergenang banjir. Musibah alam ini ikut menjadi perhatian dari anggota DPRD Haltim, Mursid Amalan.

Banjir yang terjadi beberapa hari lalu akibat luapan air sungai ini tidak hanya membuat puluhan rumah ikut terendam. Melainkan, SD Inpres Dorolamo I pun ikut terendam. Tak hanya itu, puluhan hektar sawah milik warga yang telah ditanami padi pun mengalami keruskan akibat banjir tersebut.

Mursid Amalan, yang turun langsung melihat kondisi banjir melalui kegiatan resesnya itu berjanji, akan menindaklanjuti hal itu ke Pemerintah Daerah untuk segera ditangani. “Saya akan sampaikan ke Pemerintah Daerah dan Dinas terkait, anggaran yang ditaksir dalam penanganan masalah ini mencapai ratusan juta,” kata anggota DPRD 4 periode ini, saat meninjau langsung kondisi banjir, Rabu (26/8/2020).

Epen warga setempat mengatakan, luapan air sering terjadi apabila di musim hujan lebat, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Luapan air lambat surut karena selokan yang dibangun Pemerintah Desa setempat sangat kecil sehingga tak mampuh menampung debit air.

BACA JUGA  DPRD Haltim Sebut Baru 10 Desa Yang Siap Cairkan ADD Dan DD Tahap I

Sementara itu, warga di SP 2 Desa Dorolamo meminta agar pemerintah daerah segera melakukan rormalisasi sungai sepanjang 3 kilo untuk mengatasi banjir tersebutn. “Sebab air dari desa Maratana Jaya juga pembuanganya di sungai SP 2, maka harus nomalisasi sungai, kalau tidak maka luapan air tetap terjadi ke pemukiman warga, jalan dan Sawah,” kata Lili, warga setempat. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here