Peduli Covid-19, HKTI Kota Ternate Bagi Sembako Ke Petani

454
cerminhalmahera

 HKTI Kota Ternate Saat Bagi Sembako Ke Petani, Minggu (3/5/2020)


TERNATE,CH – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Ternate turut berbagi sembako  ke para petani Kota Ternate akibat dampak dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Pembagian sembako yang berlangsung pada, Minggu (3/5/2020) ini disambut baik oleh para petani karena ikut meringankan beban mereka ditengah Covid-19.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia(HKTI) Kota Ternate Merlisa Marsaoly mengatakan, melihat perkembangan Virus Corona atau Covid 19 yang semakin berkembang di Kota Ternate tentunya mempengaruhi perekonomian masyarakat termasuk para petani yang ada  di Kota Ternate. Akibat dari Covid-19 ini, penghasilan petani menurun drastis karena perpengaruh pada harga produk rendah,sulit pasarkan hasil produksi dan menurun daya beli. Maka HKTI melakukan pembagian sembako ke kelompok tani yang berada di Kota Ternate sebagai bentuk kepedulian terhadap Covid-19.

“Hal ini kita saling membantu dan berbagi karena dengan kondisi saat ini Covid 19, untuk itu kami mendorong kekuatan petani, sebab kita pada umumnya tidak mengetahui kapan berakhirnya Covid 19 ini dan muda mudahan hal ini cepat berakhir agar kondisi kembali normal,”kata Merlisa kepada CerminHalmahera.com, Senin (4/5/2020)

BACA JUGA  Musdus Penetapan Calon Penerima BLT Di Halut Berakhir Ricuh

Senada juga disampaikan oleh anggota HKTI dan juga selaku ketua program studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Munawir Muhammad, SP.M.Agr. Menurut Munawir, dengan melihat kondisi pendemi Covid 19 di Maluku Utara yang semakin meluas, maka sudah saatnya pemerintah Kota Ternate membuat langkah-langkah strategi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi petani di masa pendemi Covid 19 ini. Pemerintah Kota Ternate harus membuka peluang pasar untuk membantu memasarkan hasil petani, fokus pada kebutuhan petani (alat, bibit, pupuk dan pestisida) dan lakukan pendampingan terhadap petani.

“Beberapa solusi yang disampaikan, tentunya akan membantu petani di masa Covid 19, kebutuhan sayur-sayuran di Kota Ternate juga perlu diperhatikan jangan sampai berkurang apalagi pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang PSBB ini semakin sulit bagi petani untuk beraktifitas,”cetusnya.

Sementara Lidia, salah satu anggota kelompok tani di Kelurahan Loto ini berharap, dalam masa pendemi Covid 19 ini  kiranya dari pihak HKTI dapat membantu untuk memasarkan hasil produksi petani. “Kami minta agar HKTI dapat membantu kami untuk pasarkan hasil kami karena masalah pendemi ini harga di pasar murah karena ada imbasnya juga ke kami petani, kami sempat jual di kelurahan juga,”harapnya. (Red)

BACA JUGA  Gelar Musrembangtan Di Halut, Pemprov Malut Fokus 12 Komoditas

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here