Peringati Harhubnas, Dirjen Perhubungan Laut Buli Gelar GBLT Dan Penyaluran Bantuan

606

Peringati HUT Harhubnas di Buli

BULI,CH– Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Buli di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara ikut memperingati HUT Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019.

HUT Harhubnas kali ini dirayakan dengan melakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai (GBLP) di seputaran Pelabuhan Buli Kecamatan Kota Maba dan sekitarnya. Tidak hanya GBLP, mereka juga merangkai sejumlah kegiatan yakni pembagian sembilan bahan pokok (sembako) ke 21 orang keluarga yang kurang mampuh, serta Tali Kasih bagi 10 peserta siswa – siswi yang berprestasi.

Kegiatan GBLT ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, untuk wilayah Timur Indonesia berlangsung pada pukul 09.30-11.30  WIT, Kamis (12/9/2019) kemarin. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 276 orang, terdiri dari berbagai instansi pemerintah, TNI,POLRI dan masyarakat, serta pihak perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Maba.

Sampah yang berhasil dibersihkan di pesisir pantai  dan di lautan sekitar Pelabuhan Buli kurang lebih 1.500 Kilo gram, kegiatan ini sesuai Intruksi Dirjen Perhubungan Laut dengan nomor : HK. 211/7/20/DJPL/2019.

BACA JUGA  Di Buli Asal, Pilkades Serentak Mulai Hangat Dibicarakan

Dalam sambutan Dirjen Perhubungan Laut yang di bacakan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Buli, Anwar Sahitua SE, mengatakan GBLT ini di latarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan Negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar ke dua di Dunia, berdasarkan data dari asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS), dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 Juta ton/tahun, dimana sebanyak 3,2 Juta ton merupakan sampah plastik yang di buang ke laut.

Anwar mengajak kepada masyarakat Haltim agar jangan membuang sampah ke laut, sebab keindahan suatu daerah  terlihat dari bersihnya pantai dan laut.

Anwar juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Maba, Koramil Maba, Kapolsek Maba, Danpos TNI AL Maba, pihak Polres, para Kepala Desa,TKBM Pelabuhan Buli, Pihak PT. Antam, PT. Feni Haltim, PT. STM, Perusahaan Bongkar Muat (PBM). “Ucapan terimahkasih kepada  semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Camat Maba Robert Barbakem dalam sambutannya mengatakan, pada umumnya masyarakat belum sadar atas pentingnya kebersihan laut,  “Apabila laut itu bersih maka sangat menguntungkan kepada masyarakat, para nelayan mencari ikan sudah tidak jauh, dan ikan bisa kita dapat dari tepian pantai, kalau laut itu kotor maka ikan akan susah di dapat, buktinya yang sudah kita alami saat ini,” tutur camat.

BACA JUGA  210 Peserta Tes CPNS Haltim Lolos Passing Grade

Camat juga menginstruksikan ke para kepala desa, agar menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di pantai.  Camat mengusulkan agar kegiatan bersih pantai dan laut di selenggarakan setiap 3 bulan sekali. “Agar kegiatan ini jangan hanya serimonial saja mari kita lakukan setiap 3 bulan sekali, dan melibatkan semua instansi, TNI/Polri, stekhoder, sentralnya di pelabuhan Buli,” ajaknya.

Usulan camat ini mendapat respon positif dari Anwar, selaku Kepala kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Buli. “Saya sangat mendukung apa yang diusulkan oleh pak camat,” tukasnya. (Red)

Reporter : Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here