Proyek Bangunan SMPN 17 Halteng Diduga Siluman

829

Proyek Bangunan Yang Tidak Memiliki Papan Proyek

HALTENG, CH- Pelaksanaan proyek bangunan SMP Negeri 17 Halteng di Desa Sawai Itepo Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) patut dipertanyakan. Pasalnya proyek tahun anggaran 2019 itu tidak diketahui asal usulnya.

Ini disebabkan karena pihak kontraktor yang memenangkan tender proyek tersebut sengaja tidak memasang papan nama proyek. Nama perusahaan, besar anggaran maupun sumber anggaran tidak diketahui, sehingga proyek tersebut disinyalir diduga proyek siluman. “Padahal identitas proyek itu ada, namun sengaja tak dipasang saja oleh pekerja dan kontraktor,” katal Age warga setempat Senin, (26/08/2019).

Hal ini pun dapat dibenarkan oleh Husni salah satu petugas Bappelitbangda Pemerintah Kabupaten Halteng pada saat turun melakukan monitoring di Desa Sawai Itepo,  Senin (26/08/2019)

“Saya datangi ketiga petugas kuli bangunan yang sedang bekerja dan mempertanyakan pekerjaan pembangunan ini dimana papan proyeknya dengan spontan ketiga pekerja itu menjawab ada didalam pak, lalu salah satunya mengambil untuk pasang,” jelas Husni.

BACA JUGA  Diduga Diserang Suku Togutil, 5 Warga Halteng Dan 1 Anggota TNI Dikabarkan Hilang

Namun hingga sore di hari yang sama papan nama proyek tersebut belum juga di pasang oleh pihak kontraktor maupun para pekerja kuli bangunan. “Padahal, papan nama proyek satu paket dengan pembangunan yang dikerjakan itu,” bebernya.

Pantauan awak media di lokasi proyek tiga pekerja nampak sibuk melakukan pekerjaan. Sementara pimpinan proyek tidak berada di tempat. “Kontraktor ada di Sofifi karena dia orang Sofifi, soal papan nama proyek itu memang ada namun belum dipasang,” jelas salah satu pekerja proyek tersebut.

Warga juga meminta  Kepala Sekolah SMP Negeri 17 Halteng agar menegaskan kepada pihak kontraktor agar menancap identitas proyek tersebut agar diketahui masyarakat dari mana sumber dan besar anggaran tersebut.

“Kepala Sekolah harus menegur pelaksana proyek tersebut. Minimalnya mengingatkan pemborongnya melalui PPK,” pinta warga lainya. (Ady)

Reporter : Lamagi Laode

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here