Tingkatkan SDM, PUPR Malut Kerja Sama Dengan Unkhair Ternate

71
Kerja Sama PUPR Dengan Unkhair Ternate

SOFIFI, CH – Untuk  meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara (Malut) belum lama ini melakukan kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate.

Kerja sama ini yang dilakukan ini berupa pelatihan Tenaga Ahli Konstruksi. Pelatihan ini berlangsung di Aula Fakultas Teknik, Universitas Khairun Ternate pada 26 Agustus lalu, dan dibuka oleh Sekretaris PUPR Iswan Idrus, mewakili Kadis PUPR Malut, Djafar Ismail.

Mewakili Kadis PUPR, Iswan Idrus mengatakan, seiring dengan perkembangan pasar jasa konstruksi nasional maupun internasional, menuntut kemampuan dan kompetisi dari segenap pelakunya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas PUPR Malut bekerja sama  dengan Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate Menggelar pelatihan tenaga ahli konstruksi yang meliputi pelatihan dan uji kompetensi serta sertifikasi ahli muda struktur bangunan gedung dan ahli muda sumber daya Air.

Menurutnya, kemampuan berkompetisi menuntut kemampuan teknis dan profesional yang tidak hanya ditingkat nasional, akan tetapi harus bersifat regional maupun global dari setiap pelakunya.  Apalagi, perkembangan ini akan terus berlangsung sesuai dengan dinamika perubahan yang terjadi dalam percaturan dan tata pergaulan dunia.

BACA JUGA  Sukseskan Pembangunan, PUPR Malut Jalin Kerjasama Dengan Media

“Oleh sebab itu,  seorang pelaku jasa konstruksi harus mampu mengikuti perubahan tersebut bila tidak ingin tersisih dari persaingan tersebut,” kata Iswan.

Lanjut Iswan, sesuai amanat UU No. 23 Tahun 2014 tentang Jasa Konstruksi Bidang PUPR  Sub Urusan Jasa Konstruksi dan UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi khususnya Pasal 8 s/d 10, yang mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta dalam rangka penguatan kapasitas sumber daya manusia, percepatan upaya pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli.

“Tujuan dari  dilaksanakannya pelatihan Tenaga Ahli Konstruksi yang meliputi pelatihan dan uji  Sertifikasi Ahli Muda Struktur Bangunan Gedung dan Ahli Muda Sumber Daya Air ini, untuk mempersiapkan tenaga ahli muda yang handal dan mampu menguasai pekerjaan pembangunan Gedung dan Sumber Daya Air,”ujarnya.

Disamping itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk  mempercepat dan meningkatkan jumlah tenaga kerja ahli yang bersertifikat di Malut.

“Alhamdulillah sudah selesai pada Agustus kemarin dan ini semoga bermanfaat,” ucapnya. (Adv/Yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here