154 Orang Positif, Satgas Terpadu Covid-19 Kecamatan Maba Resmi Dibentuk

226

Rapat Pembentukan Tim Satgas Terpadu Covid-19

BULI, CH- Antisipasi penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Pemerintah kecamatan setempat, Kamis (22/7/2021) resmi membetuk tim Satgas Terpadu.

Berdasarkan hasil kesepakatan, Camat Maba, Robert Barbakem dipercaya sebagai Ketua Tim Satgas Terpadu. Wakil Ketua Kapolsek Maba, Iptu La Imbar, Danramil Maba, DanPos TNI AL Maba, Satgas Pamrahwan Maba, Perwakilan PT. Antam dan Perwakilan PT. STS.

Sementara Sekertaris Satgas, sekertaris camat. Tim penanganan dari Puskesmas Buli dan Klinik PT. Antam. Semetara anggota, staf dari kantor camat, anggota Koramil, polsek Maba, pos TNI AL Maba, satgas Pamrahwan Maba, staf perangkat desa, toko masyarakat, adat, pemuda karang taruana dan Wartawan dari Cermin Halmahera.

Robert menegaskan, pembentukan Satgas Terpadu ini merupakan tindaklanjut dari hasil rapat dengan Tim Satgas Kabupaten pada tanggal 12 Juli.

“Dari hasil rapat itu Desa Geltoli sebagai wilayah zona merah penyebaran Covid-19 dengan angka tertinggi, maka dari itu Bupati Haltim selaku Ketua Tim Satgas menegaskan bahwa kasus Covid-19 di Desa Geltoli segera ditekan hingga normal (Zona Hijau),” jelasnya.

BACA JUGA  Diduga Gadaikan Lahan Ke PT. IWIP, Ribuan Warga Wasile Selatan Boikot Kantor Camat

Robert berharap, kepada pihak PT. Antam dan PT. STS agar memberikan laporan secara detail kepada pemerintah, terkait alamat domisili karyawan yang positif Covid.

“Agar pemerintah atau tim satgas juga bisa mengontrol terhadap keluarganya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Buli Nuridha Asmayati Kiye membeberkan, untuk di Kecamatan Maba ada 154 orang yang terpapar Covid. 121 dari PT. Antam, 6 dari STS, Puskesmas Buli 11 orang, Sub Kontraktor  PT. Antam 15 orang dan sisanya dari masyarakat.

“Satgas di desa harus difungsikan kembali, saat ini gejala untuk anak-anak sudah banyak, obat-obatan sangat penting karena persediaan obat dua minggu lagi sudah habis,” ujarnya.

Kapolsek Maba Iptu. La Imbar, menegaskan agar pintu masuk dari arah Subaim harus diperketat. Posko di Desa Gamesan harus difungsikan, agar setiap kendaraan yang masuk melalui posko tersebut harus disemprot.

“Dengan diberlakukan PPKM ini semua aktifitas keramaian tidak diijinkan, maka dari itu kepala desa harus tegas,” ucapnya.

Sementara para peserta yang hadir meminta, agar karyawan perusahaan yang terpapar Covid agar tidak dikembalikan ke desa, langsung diisolasi, penambahan tabung oksigen di Puskesmas, TNI-Polri diminta tegas dalam menangi Covid, dilaksnakan lock down.

BACA JUGA  Mantan Ketua Panwascam Mabsel Tantang Bawaslu Haltim

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here