Hujan Deras, Pemukiman Warga Di Desa Saolat Diterjang Banjir

743

Kondisi Jalan Dan Rumah Warga Yang Tergenang Banjir (Foto: Nehe CH)


WASILE,CH- Akibat hujan deras yang meggujur di Wilayah Maluku Utara pada Umunya dan lebih khusus Halamahera Timur tepatnya di Desa Saolat Kecamatan Wasile Selatan, Puluhan rumah warga di desa tersebut tergenang banjir, akibat luapan sungai Saolat, hujan sejak  sabtu pagi tadi pada pukul 03,00 wit dan terjadi banjir pada pukul 08,00 wit.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil ketua BPD desa Saolat Darle Pesu pada wartawan Cermin Halmahera.com saat ketemu di desa Saolat, Sabtu (16/01), Darle mengatakan seringkali terjadi banjir seperti ini, dan untuk penanganan banjir maka harus ada Normalisasi sungai atau pembuatan talut atau bronjong di sungai agar tidak meluab, dan masalah ini sudah di usulkan Dua kali dalam Musrembag di tingkat desa dan Kecamatam pada tahun 2018 dan 2020, namun tidak di realisasi oleh Pemerintah Daerah dan Instansi Terkait, ucap Darle.

Wakil Ketua BPD Saolat, Darle Pelu Di Tengah Banjir

Dia juga mengharapkam kepada Pemerintah Daerah agar pada tahun 2021 ini dapat merespont dan realisasinya, katanya lagi, bahwa untuk menangani luapan air kali Saolat harus membuat bronjong panjang 600 meter dan ketinggian 3 meter, kalau ini sudah dilakukan maka untuk luapan air sungai teratasi, sebab setiap mengalami luapan air ke pemukiman warga dengan ketinggian 1 sampai 2 meter, ucap Darle.

BACA JUGA  Polres Haltim Jaring 261 Warga Yang Tidak Menggunakan Masker

Pantauan Cermin Halmahera, Sabtu (16/01), luapan air terjadi mulai dari Desa Waijoi sampai desa Saolat, hingga sampai menutupi badan jalan diikutsertakan dengan lumpur yang menutupi badan jalan, untuk itu para pengendara mobil dan sepeda motor agar berhati- hati saat mau menuju Wasile Selatan. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here