2022 Diskominfo Bakal Kembangkan Gasa Ino dan Dorong Jaringan Telekomunikasi

93
Kepala Diskominfo Halbar, Sahmi Salim

HALBAR, CH-Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara di 2022  nanti, berencana bakal melaksanakan program pengembangan Gasa Ino (Gerakan Srategi Infomasi) dan mendorong infrastruktur Jaringan Telekomunikasi 4 G di kecamatan Ibu-Loloda.

Hal ini dilakukan agar masyarakat mudah mendapatkan informasi dan mengakses sinyal dengan mudah melaui telpon seluler maupun alat perangkat lainnya seperti leptop dan computer.

Kepala Diskominfo Halbar, Sahmi Salim mengatakan ini adalah program pemerintah daerah melalui Diskominfo untuk menyampaikan informasi dan edukasi ke semua warga yang ada di kabupaten Halmahera Barat.

Kata dia, pihaknya suda merencanakan juga akan membuat teknologi berbasis aplikasi informasi yang di rancang dalam program Gasa Ino yang nantinya disampaikan melalui Tim SKPD (Satuan Perangkat Daerah) Kominfo, yang suda terbentuk untuk bertugas meyampaikan informasi yang tepat dan jelas ke publik supaya masyarakat tidak mudah percaya dengan isu-isu yang di terima dari orang lain mengandung berita hoax (bohong).

Ditambahkan, jika hal-hal tekhnis lainnya, piahnya akan mendorong infrasuruktur jaringan di Kecamatan Ibu-Loloda terkait pembangunan jaringan telekomunikasi  yang saat ini masyarakat masi menggunakan telpon seluler, leptop dan komputer melalui sinyal atau jaringan 3 G. Sinyal tersebut diketahui agak merepotkan bagi pengguna, sebab jaringan tersebut tidak selamanya tersedia, selain itu transfer data hanya dengan kecepatan 200 kilobits.

BACA JUGA  Dinas Pendidikan Halbar Usulkan Anggaran  ke Kemendikbud-Ristek 21 Miliar

“Jadi kita upaya untuk tingkatkan ke 4G agar jaringan Hp maupun alat Perangkat lainya selalu ada dan mengakses  internet lebih cepat serta kecepatan transfer data mencapai 1000 kilobits tetapi ini masi dalam upaya mudah-mudahan kedepan bisa terwujud,” ujarnya.

Riko Noho

Reporter: Riko Noho
Editor : Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here