UD. Tiga Putra Halmahera Resmi Produksi Kopra Putih Di Halbar

136

Acara Peresmian Produksi Kopra Putih Di Halbar Oleh UD. Tiga Putra Halmahera

HALBAR, CH– Pengusaha Sentra Kopra Putih Tiga Putra Halmahera di Desa Rioribati Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menggelar acara peresmian Pengoperasian Perdana Penggunaan Oven Kopra Putih, Minggu (15/8/2021).

Direktur UD. Tiga Putra Halmahera, Erwan Frasetyo mengatakan, selain memproduksi kopra putih, pihaknya juga memproduksi arang tempurung dan asap cair.

“Langkah kedepan kita akan bertanggung jawab paling utama adalah perkembangan mutu dan pengembangan produk-produk kelapa, makanya dibuat sentra di sini tujuannya perusahaan tidak hanya produksi kopra tetapi produk turunan-turunan kopra akan kita buat,” kata Erwan.

Untuk memasarkan hasil produksi kata Erwan, pihaknya sudah bekerja sama dengan perusaahan dari Negara India. Ditargetkan, dalam sebulan harus mencapai 10 ton kopra putih. Sementara hasil produksi dalam sekalj masak 2 setengah ton sesuai kapasitas oven.

Sementara itu penanggungjawab Devisi Operasional UD. Tiga Putra Halmahera, Abd. Rahim Syaraha berharap, produksi pengelolaan kopra dengan metode Oven bisa berkembang di Maluku Utara khususnya di Kabupaten Halmahera Barat untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

BACA JUGA  Mubajir, Pemprov Malut Diminta Serahkan Terminal Desa Goal Ke Pemkab Halbar

“Jadi dengan metode Oven selain berdampak positif terhadap masyarakat, hasilnya juga dikembangkan sehingga kualitasnya bisa bersaing di pasar ekspor,” jelas Rahim.

Untuk diketahui, hadi dalam acara peresmian jni, Ravider Singh selaku pembuka kran ekspor kelapa dari Malut ke India, Karyawan Sentra Kopra Putih dan Gubernur Provinsi Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba yang diwakili Sekretaris Daerah, Samsuddin A. Kadir.

Kepala Dinas UMKM Provin Maluku Utara, Kepala dinas Pertanian, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, dan Kepala bidang di Dinas Pertanian Halbar.

Reporter: Riko Noho
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here