Apel Gabungan Perdana, Pj. Bupati Haltim Ingatkan ASN Untuk Netral

564

Pj. Bupati Haltim Muhammad Ali Fataruba Saat Gelar Apel Pagi Perdana


HALTIM, CH – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Maluku Utara (Malut) Muhammad Ali Fataruba mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Haltim agar menjaga netralitas dalam momentum politik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Pj. Bupati Haltim, Muhammad Ali Fataruba pada saat melaksanakan apel gabungan bersama Asisten Bupati, Pimpinan Kepala SKPD dan ASN, Kamis (15/10/2020) dilapangan apel Kantor Bupati Haltim.

Dihadapan para Asisten, Pimpinan SKPD dan ASN, Pj Bupati menegaskan, selaku ASN harus netral dan tidak memihak kepada salah satu calon Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Haltim.

“Saya minta kita harus netral, tidak boleh berpolitik praktis dan jangan berpihak kepada salah satu kandidat,” kata Muhammad Ali, pada saat memimpin apel pagi perdana tersebut.

Dikatakan, terkait dengan netralitas ASN pada Pilkada Haltim tahun 2020, dirinya telah diinstruksikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar tetap menjaga netralitas.

“Waktu bertemu pak Mendagri beliau mengingatkan agar netralitas tetap dijaga. Dan terkait itu, Bawaslu punya kewenangan untuk mengawasi maka saya akan dapat laporan dari Bawaslu soal netralitas ASN ini,” katanya.

BACA JUGA  80 KK Di Desa Wayafli Terima BLT 4 Bulan, Pemdes Buli Asal Salurkan Di Pulau Bemsili

Selain itu kata dia, kekosongan jabtan esalon II, III dan IV tersebut dirinya memiliki kewenangawan untuk mengisi kekosongan itu atas persetujuan Mendagri.

“Terkait kekosongan jabatan dibeberapa tempat itu saya punya kewenangan untuk menggantikan dan mengisi kekosongan itu atas izin dari pak Mendagri, maka saya akan rapat bersama dengan SKPD untuk membahas kekosongan itu,” katanya.

Sementara itu, soal keamanan di lingkungan Kantor Bupati maupun kediaman Bupati, dirinya menginstruksikan kepada Satpol PP agar lebih diperketat.

“Saya minta kepada Satpol PP agar keamanan baik di Kantor Bupati maupun kediaman bupati lebih ditingkatkan. Soal demo kita akan koordinasikan dengan pihak Polres Haltim agar dibantukan pengamanan dan mudah-mudah tidak terjadi anarkis pada saat demo,” pintanya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here