Pemda Haltim Salurkan Bansos Rp. 4,5 M

693

Salah Satu Warga Gamesan Saat Menerima Bansos Dari Pemkab Haltim (Foto: Nehe CH)


BULI, CH- Pemerintah  Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melalui Dinas Sosial menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa uang tunai ke warga yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Haltim

Total anggaran bansos yang disalurkan sebesar Rp. 4,5 miliar yang bersumber dari APBD. Namun tidak semua kepala keluarga (KK) yang berhak menerima bansos tersebut. Ada kriteria yang digunakan oleh Pemkab Haltim untuk warga yang mendapat bansos.

Setiap KK menerima uang tunai sebesar Rp. 900 ribu per tiga bulan (April, Mei, Juni) dengan rincian per bulan Rp. 300 ribu. Bansos ini disalurkan untuk meringankan beban warga dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sekertaris Dinas Sosial Haltim Nurain Komdan SE,  mengatakan, bagi warga yang menerima bansos dari Pemkab Haltim ini bisa juga mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat. “Karena ada perbedaan sumber angaran yang berbeda yakni dari APBN dan APBD. Bagi warga yang mendapat Bantuan Pusat tidak bisa mendapat bantuan BLT, karena keduanya bersumber dari APBN,” jelas Nurain saat menyalurkan bansos di Desa Geltoli Kecamatan Maba, Sabtu (16/5).

BACA JUGA  Di Haltim, 4 Orang Masuk Daftar ODP Virus Corona

Lanjut Nurain, jumlah warga di Kecamatan Maba yang menerima bansos itu diantaranya, Desa Geltoli 87 KK, Gamesan 63 KK, Buli Karya 39 KK, Sailal 51 KK, Wayafli 45 KK, Teluk Buli 17 KK, Desa  Gamesan 63 KK, Buli Asal 48 KK,  Pekaulang 52 KK dan Desa Baburino 60 KK.

“Alhamdullah dalam penyaluran berjalan lancar, setelah di Kecamatan Maba dilanjutkan ke Kecamatan Maba Tengah dan Maba Utara,” tukasnya.

Nurain menambahkan, untuk jumlah warga yang menerima  Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari APBN di Kecamatan Maba yakni Desa Sailal 12 KK, Buli Asal 7 KK,  Pekaulang 52 KK, Baburino 30 KK, Desa Buli 2 KK, Teluk Buli 3 KK, Buli Karya 7 KK, Wayafli 2 KK, Gamesan 26 KK dan Desa Geltoli 63 KK. “Jumlah 180 KK, tiap KK terima Rp. 600 ribu per bulan dan terimanya di Kantor Pos Maba Buli,” sebutnya. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here