Anggota BPD Kecamatan Maba Mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas

198

 

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota BPD, (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Puluhan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas, yang berlangsung di Kantor Camat Maba, Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Pemerintah Kabupaten Haltim, dalam hal ini Kepala Bagian Hukum, Ardiansya Majid, Wakil Ketua II DPRD Haltim, Idrus Manake dan Kadim Mumen selaku pendamping desa.

Camat Maba, Robert Barbakem mengatakan, kegiatan ini untuk menentukan dan membantu para kepala desa dalam membangun desa.

Pasalnya, menurut camat, ada anggota dan ketua BPD yang tidak mengetahui tugas dan fungsi dari BPD. Sehingga menyebabkan banyak hambatan yang terjadi di desa.

“BPD harus mampuh melakukan penyelengara dan bisa pimpin rapat dalam kegiatan Musdes, apabila ada BPD yang tidak mampuh dan sangat mempengaruhi program dalam desa, agar melakukan pengajuan ke pemerintah kabupaten untuk diganti,” tegas camat, saat membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan serupa kata camat, bukan baru pertama kali dilakukan. Namun kinerja BPD tidak ada perubahan, malah lebih parah. Sebab yang ada saat ini saling lapor.

BACA JUGA  Bupati Harap Kehadiran Pasar Fatenou Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Lanjut camat, BPD harus mengetahui tugas dan wewenangnya sebagai fungsi pengawasan program di dalam desa. Saling berkoordinasi. Jika ditemukan program yang belum jalan atau belum selesai dikerjakan, BPD berhak memanggil kepala desa untuk dimintai klarifikasi.

“Bukan langsung BPD ambil sikap tanpa koordinasi dengan kepala desa langsung main lapor, ini salah maka kedepan harus dirubah cara kerja,” tegasnya.

Camat berharap, agar kegiatan yang akan berakhir pada, Kamis (8/4) ini, para anggota dan BPD bisa mencerna dengan baik apa yang disampaikan oleh pemateri. (Red)

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here