Enam Bulan Belum Terima BLT, Warga Keluhkan Kinerja Kades Wailoba

157
Kepala Dusun Waidanas, Sarnatia Buton saat ditemui wartawan di kediamanya

SANANA, CH- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh Pemerintah Desa Wailoba Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula patut dipertanyakan. Pasalnya, warga mengaku sudah enam bulan belum juga menerima bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) tersebut.

Khususnya di dusun Waidanas, warga mengaku belum menerima BLT tiga bulan terakhir di 2021 dan tiga bulan di awal 2022. Menurut warga, pemerintah desa setempat tidak menyalurkan BLT dengan dalil warga tidak melakukan vaksin Covid-19. Namun dalil tersebut dibantah oleh warga, sebab warga sudah melakukan vaksin, namun bantuan tersebut tak kunjung diterima.

“Suda enam bulan ini belum dapat menerima BLT yang dijanjikan oleh kades (Idham Usia), saya juga suda kordinasi dengan bendahara, kata bendahara desa bahwa nanti sehari dua akan menyalurkan BLT Dusun Waidanas. Tapi sudah hampir dua bulan lebih ini belum juga tersalurkan,” kesal Kepala Dusun Waidanas, Sarnatia Buton saat ditemui wartawan di kediamanya, Jumat (11/3/2022).

Lanjut Sarnatia, sebagian besar warga di Desa Wailoba sudah menerima bantuan tersebut. Hanya warga di Dusun Waidanas yang sebagian besar belum menerima, salah satunya termasuk menantu Sarnatia.

BACA JUGA  Diduga Kades Wailoba Korupsi Dana BUMDes dan BLT, Warga Palang Kantor Desa

“Pemerintah kades suruh vaksin baru terima BLT, sementara warga sudah vaksin BLT belum juga diterima ada yang enam bulan adan yang lima bulan,” beber Sarnatia.

Senada juga disampaikan oleh warga lainya, Yakobus Bahi. Ia mengaku terakhir menerima BLT pada November 2022. Menurutnya, warga di Dusun Waidanas yang berhak menerima BLT 43 Kepala Keluarga (KK). Namun baru 1 orang yang menrima BLT tersebut.

“Kami meminta kepada kades segera membagikan sisa BLT, karna ini hak kami kenapa di tahan, padahal kami sudah divaksin,” kesal Yakobus.

Reporter: KP
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here