Gubernur Malut Hadiri Pembukaan MTQ Korps Pegawai RI di Sultra

316
Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba Saat Menghadiri STQ Tugu Religi MTQ Kota Kendari Sulawesi Tenggara

SOFIFI, CH –  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia ke-5 di Tugu Religi MTQ Kota Kendari Sulawesi Tenggara resmi dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainul Tauhid Saadi. Acara yang berlangsung di Tugu Religi MTQ Kota Kendari Sulawesi Tenggara (14/11) ini dihadiri Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Nasional Korpri Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrullah dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi antar Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia dan juga dalam rangka memperingati HUT Korpri yang ke-50 tahun 2021.

“Melalui kegiatan ini salah satu langkah untuk mewujudkan akhlak yang baik dalam memasuki era new normal dalam lingkungan pemerintahan, membentuk karakter religius bagi para ASN ditanah air dalam melaksanakan tugas pokoknya dan juga dalan kehidupan sehari-hari,” kata Zudan.

MTQ Korps Pegawai RI ke-5 tahun ini, juga ikut dihadiri oleh Istri Gubernur Maluku Utara beserta para kafilah.  Maluku Utara sendiri mengutus 14 peserta untuk 8 mata lomba yang terdiri atas 8 peserta pria dan 6 peserta wanita.

BACA JUGA  Dinas Perkim Malut Berhasil Selesaikan Infrastruktur Penunjang STQ

Ada 9 mata lomba yang di gelar dalam pelaksanaan MTQ ini, yakni:

  1. Cabang Tilawah
  2. Cabang Khotbah Jumat
  3. Cabang Hifzh Al-Qur’an yg terdiri dari dua golongan yaitu jus 30 dan Surat Al-Baqarah
  4. Cabang Hifzh Alquran dua golongan yaitu Surah Al-Imran dan An-Nisa dan golongan 7 surah pilihan
  5. Cabang Dakwah Alquran
  6. Cabang Khath Alquran (kaligrafi) yang terdiri dari golongan dekorasi temporer dan digital
  7. Cabang Tartil Quran
  8. Cabang Azan dan Doa
  9. Cabang penulisan Artikel Alquran

Sementara itu Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Maluku Utara yang diikutkan pada MTQ Korps Pegawai RI tahun 2021 ini adalah ASN terbaik yang terpilih mewakili Maluku Utara. Perlu diketahui, pada 2016 lalu, MTQ Korpri ke-3 di Kota Samarinda, Maluku Utara juara I mata lomba Tilawah Putra atas nama Mursyidi Kamaluddin dari Kabupaten Kepulauan Sula dan mata lomba Dekorasi Temporer putri juara III atas nama Sarniyati dari Kabupaten Halmahera Utara.

MTQ akan berlangsung selama 5 hari.  Babak final akan berlangsung pada kamis pekan ini, dan kegiatan akan akan pada, Sabtu (20/11) malam. Kontingen Maluku Utara diharapkan bisa memberikan yang terbaik bagi daerah, dan yang terpenting adalah ini merupakan ajang silaturahmi dan memperkuat persatuan KORPRI ditanah air.

BACA JUGA  Pemprov Dapat Bantuan Puluhan Mobil di HUT Propinsi Malut ke 22

Reporter: Yud
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here