Jelang Idul Adha, Harga Barito di Tidore Naik

171
Suasana Pasar Gosalaha Tidore

TIDORE, CH – Menjelang Hari  Raya Idul Adha 2022, harga bawang, rica dan tomat (Barito) sejumlah di Kota Tidore Kepulauan ikut mengalami kenaikan. Kenaikan harga ini disebabkan karena kekurangan stok.

Rustam, salah satu pedagang Barito di Pasar Gosalaha menjelaskan, naiknya harga Barito ini dipicu karena ketersediaan stok yang dipasok dari dalam daerah maupun dari luar provinsi seperti Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan mengalami kekurangan.

“Karena stok dari luar daerah berkurang seperti rica ini ada sebagian dari Manado. Kalau stoknya kurang berarti harga juga naik,” ungkap Rustam, Kamis (23/05/2022).

Lanjut Rustam, harga bawang merah saat ini naik menjadi Rp. 80 ribu per kilogram dari harga sebelumnya  Rp. 50 ribu per kilogram, sementara untuk bawang putih masih stabil di harga Rp. 50 ribu per kilogram.

“Harga bawang merah naik, sedangkan bawang putih saat ini masih stabil di harga Rp 50 ribu perkilogram,” sebutnya.

Untuk harga rica/cabai per kilogram sebelumnya Rp. 70 ribu, naik menjadi Rp. 120 ribu per kilogram. Sedangkan untuk rica keriting masih stabil pada harga Rp. 50 per kilogram. Harga tomat di Pasar Gosalaha juga mengalami kenaikan yang cukup drastis, dari sebelumnya Rp. 18 per kilogram menjadi  Rp. 28 ribu per kilogram.

BACA JUGA  Tidore Bakal Punya Indomaret

“Kalau harga tomat Rp.28 ribu per kilogram, tapi harga sebelumnya itu Rp. 18 ribu per kilogram,” tambah Fadel, salah seorang pedagang Barito di pasar Gosalaha.

Musa Abubakar

Reporter: Musa Abubakar
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here