Kadis PTSP Pemkab Halteng Mengaku Sejumlah Perusahaan Tidak Memiliki IMB

544

Salah Satu Perusahaan Di Halteng Yang Tidak Memiliki IMB

HALTENG, CH – Sejumlah  Perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Propinsi Maluku Utara ternyata belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini membuat Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemkab Halteng  Mokhtar Hasanur angkat bicara.

Menurur Mohtar, perusahaan yang tidak memiliki IMB itu baik  perusahaan tambang nikel maupun perusahaan yang bergerak dibidang insfrastruktur.

Padahal  awal  Juni 2019 pihaknya telah rapat bersama perusahaan tambang PT. Bhakti Pertiwi Nusantara (BPN) sekaligus sosialisasi di Kantor Camat Weda Utara. Hal yang sama juga dilakukan pada akhir Juli 2019 pada perusahaan jalan yang berinvestasi di Kecamatan Patani Utara.

Namun hingga saat ini sejumlah perusahaan itu belum memiliki niat baik dalam kepengurusannya IMB. “Padahal pihak perusahaan telah menanggapi perihal diatas dan siap mengurus IMB itu, karena UU Nomor 28 tahun 2002 tentang gedung dan bangunan telah mengisyaratkan setiap orang atau badan harus memiliki IMB,” keluh, Mohtar saat ditemui wartawan dikediaman dinasnya di Desa Were Kecamatan Weda Minggu, (25/08/2019) pukul 12.00 Wit siang tadi.

BACA JUGA  Progres Dinas Pertanian Pemkab Halteng Capai 60 Persen

Mohtar menjelaskan, secara umum UU bangunan gedung mengatur tentang fungsi bangunan antara lain fungsi hunian, keagamaan, usaha, sosial dan budaya, serta fungsi khusus.

Lanjut Mohtar persyaratan bangunan gedung dapat dibagi menjadi dua, yaitu persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung dimana diatur bahwa setiap bangunan gedung harus memenuhi kedua persyaratan tersebut.

“Yang masuk dalam ruang lingkup persyaratan administratif bangunan gedung ini yaitu persyaratan status hak atas tanah, dan izin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, status kepemilikan bangunan gedung, dan izin mendirikan bangunan gedung,” paparnya.  (Ode/Ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here