Ternak Sapi Di Kota Weda Ancam Pengguna Jalan

481

Seorang Anggota Lantas Terlihat Tertibkan Sapi

HALTENG,CH – Ternak sapi milik warga di Kota Weda Kabupateng Halmahera Tengah (Halteng) menjadi sorotan publik. Pasalnya, sapi yang tidak diperhatikan oleh para pemiliknya ini mengancam keselatan bagi para pengguna jalan.

Banyak sapi yang mondar-mandir di atas badan jalan, seperti yang terlihat di jalan lintas Kota Weda tepatnya di Desa Wedana Kecamatan Weda. Selain itu terlihat juga di jalan lintasan Desa Nurweda tepat di kompleks Kantor Dukcapil Pemkab Halteng. Para pengguna jalan harus ekstra hati-hati jika tidak dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Halteng AKP Johanis S Aipipidely SE, melalui pesan watshappnya Jumat, (06/09/2019) mengaku, berdasarkan laporan dari warga sudah 5 kali terjadi kecelakaan di Desa Wedana yang disebabkan oleh ternak sapi milik warga.

Menurut kasat lantas, tidak hanya ternak sapi, ternak kambing juga terlihat mengancaman pengguna jalan raya. “Ini karena warga pemilik ternak  tidak memiliki kesadaran. Untuk itu dihimbau kepada warga pemilik ternak  untuk dikandangkan atau diikat sekaligus diawasi hewan ternaknya, agar tidak mengancam keselamatan warga,” pintah perwira berpangkat tiga balak itu.

BACA JUGA  Wakil Gubernur Malut Pantau Pelaksanaan US Di Halteng Dan Halsel

Johanis, berharap  dengan pemberitaan ini bisa menggerakkan instansi terkait untuk berkordinasi dengan para pemilik hewan ternak sapi untuk segera menertibkan seluruh hewan peliharaan mereka, minimal dikandangkan atau diikat agar tidak berkeliaran di jalan raya seperti yang terlihat saat ini.

“Rugi sekali kalau tabrak sapi lalu meninggal dunia, kasihan keluarga yang menanti anda dirumah.  Hewan ternak sapi juga berkeliaran di Desa Wairoro Kecamatan Weda Selatan,  di Wairoro sampai meninggal dunia pengendara roda dua gara-gara tabrak sapi,”ujarnya.  (Ode/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here