Kesal Soal Pencairan BLT, Sekdes Sangaji Buat Catatan Ke P3MD Dan DPMD Haltim

702

Sekdes Sangaji, Edwar Surentu, S. Sos


MABA, CH- Sistem pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) per bulan sekali, membuat Pemerintah Desa di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara tampak kewalahan. Sistem seperti ini pun akhirnya membuat Pemerintah Desa angkat bicara.

Sekertaris Desa (Sekdes) Sangaji, Kecamatan Kota Maba, Edwar Surentu, S. Sos mengatakan, sistem pencairan BLT 2021 per bulan itu, tidak semestinya berlaku di Haltim. Dengan kondisi geografis yang sangat jauh, Pemerintah Desa sangat kesulitan harus bolak balik ke Ibu Kota Kabupaten setiap bulan hanya mengurus pencairan dana BLT.

Selain itu, kos anggaran yang disediakan juga tidak cukup, khususnya bagi Pemerintah Desa yang jauh dari ibu kota kabupaten. Itu baru transportasi, belum lagi biaya makan dan nginap sambil menunggu proses pencairan yang tersendat-sendat.

“Tidak mungkin dalam satu hari bisa cair, karena dinas-dinas yang tidak bisa disebutkan nama ini harus mutar-mutar dan janji-janji mengakibatkan semua bendahara desa ikut capeh,” kata Edwar, Sabtu (10/7/2021) melalui pesan Watshapp.

BACA JUGA  Ismunandar Menang Telak Di PSU Pilkades Waci

Adwar kemudian meminta kepada Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Haltim, untuk segera berkoordinasi dengan pihak yang berwenang agar sistem ini bisa dirubah demi kemaslahatan orang banyak.

“Menurut saya penyaluran BLT setiap bulan itu tidak efektif untuk daerah Kabupaten Haltim. Ini menjadi satu catatan penting bagi P3MD dan DPMD,” tegasnya.

Lanjut dia, dengan kondisi Covid-19 yang semakin menggila, dia khawatir semua bendahara dan sekertaris desa bisa tertular Covid-19 akibat setiap bulan harus berinteraksi atau keluar masuk kantor hanya untuk mengurus BLT.

“Semoga samua Sekdes dan Bendahara Positif Corona biar tambah asik,” kesal Adwar, yang juga ketua DPD Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Haltim.

Adwar mengaku terpaksa harus angkat bicara, karena disusul dengan surat edaran dari masing-masing camat tentang percepatan persiapan data-data termasuk BLT.

Sekedar diketahui, hingga masuk bulan ke 7 di 2021. Sebagian besar Pemerintah Desa di Haltim baru menyalurkan BLT untuk Januari dan Februari 2021.

BACA JUGA  Antam Salurkan Bantuan Alat Pencegahan Covid 19 Ke Desa Lingkar Tambang

Reporter: Tim
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here