Kesultanan Jailolo Butuh Anggaran, DPRD Bakal Tindaklanjut Lewat Banggar

227

Rapat Bersama Pihak Kesultanan Dengan DPRD Halbar (Foto: Fiko CH)


HALBAR, CH- Pihak Kesultanan Jailolo bersama DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Selasa (12/1/2020) kemarin menggelar dengar pendapat. Rapat tersebut tak lain adalah membicarakan soal kebutuhan anggaran oleh pihak Kedaton.

Jogugu Kesultanan Jailolo, Hairuddin Saifuddin mengatakan, dalam rapat tersebut khususnya jajaran kesultanan Jailolo menyampaikan kepada DPRD agar perhatikaan Kedaton menyangkut dengan anggaran. Sebab selama ini di dalam lembaga kesultanan ini masih kekurangan anggaran.

“Jadi yang kami harapkan ketika di bahas dalam rapat kerja oleh DPRD agar ploting anggaran sedikitlah dimana kami rasionalkan kepada DPRD sebesar 150 juta,” kata Hairuddin usai rapat dengan pihak DPRD.

Hairuddin menyampaikan, Rp 150 juta itu nantinya digunakan dalam tiga aitem kegiatan yakni, makan minum para tamu dalam Kedaton, Pelestarian dan pemeliharaan budaya di setiap desa-desa, serta pelaksanaan event-event lain menyangkut dengan mengangkat kembali adat istiadat di Halbar.

“Negeri dikonsepkan dalam satu narasi atau di buat suatu konsep narasi untuk mengatur kemanusiaan, tatakrama akhirnya torang tidak bisa salahkan anak-anak saat ini karena memang tidak ada pembinaan. Daerah kita saat ini suda tergeser nilai-nilai moralitas jadi butuh revolusi mental,” tukasnya.

BACA JUGA  UD. Tiga Putra Halmahera Resmi Produksi Kopra Putih Di Halbar

Revolusi mental ini, kata dia harus di topang dengan anggaran, jika tidak apa yang akan dinginkan bersama akan sulit tercapai maka hal ini penting diperhatikan oleh pemerintah daerah.

“Suatu lembaga inikan ada pengurusnya, ada yang di urus pastinya ada kendala-kendala, Jadi di butuhkan perhatian,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua DPRD Halbar, Charles R. Gustan mengatakan, terkait permintaan Bantuan Operasional Penyelenggraan (BOP) dari pihak Kedaton yang di sampaikan melalui rapat dengar pendapat dengan DPRD ini akan ditibdaklanjuti.

“Nantinya satu dua hari kedepan kami akan membahas bersama dengan Tim Badan Anggaran (BANGGAR) dulu hasilnya baru nanti kita undang kembali kepada pihak kedaton di kantor DPRD,” janjinya. (Tr3/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here