Tahun Ini, Stok Sembako Di Halbar Masih Stabil

280

Sekretaris Disperindag-Kop Halbar, Safar Sitania  (foto: Riko CH)

HALBAR, CH- Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindag-Kop) Halmahera Barat, mengklaim persediaan sembilan bahan pokok (sembako) di 2021 ini masih stabil.

Berdasarkan hasil survei Disperindag- Kop di seluruh pasar yang ada di Halbar, stok sembako hingga periode Juni 2021 masih dalam kondisi stabil. Hal ini karena Kapal Tol Laut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan pengusaha setempat.

“Hasil laporan dari masyarakat atau pedagang bahwa tidak ada kekurangan stok jadi. Apalagi di Halmahera Barat ini untuk kapal tol laut yang beroperasi di bidang perdagangan setiap bulan lancar, bahkan ketika kita turun di lapangan jenis bahan pokok berupa beras, terigu dan gula di gudang atau tokoh terus penuh,” kata Sekretaris Disperindag-Kop Halbar, Safar Sitania baru-baru ini.

Mencegah kenaikan harga sembako akibat dari adanya penimbunan oleh oknum-oknum tertentu. Kata, Safar pihaknya sebulan sekali turun ke pasar-pasar melakukan pengecekan. Jika menjelang hari-hari besar keagamaan, pengecekan dilakukan seminggu sekali.

BACA JUGA  Ketua ASB: Jika Ada ABK Speed Boat Yang Naikkan Harga Tiket Segera Lapor

Demi kesehatan, pihak Disperindag-Kop
bersama Kesatuan Pelabuhan Laut dan Pantai (KPLP) melakukan pengecekan terlebih dahulu sembako yang ada di dalam kapal, sebelum turun ke pelabuhan. Ini untuk dipastikan sembako ini layak dikonsumsi atau tidak (kadaluarsa).

“Kemudian jika terdapat barang yang kadaluarsa sangsinya yaitu teguran kepada pedagang yang bersangkutan,” tegasnya. (Red)

Riko Noho

Reporter: Riko Noho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here