KP2KP Maba Gelar Bimtek Pelaporan SPT e-filing Di Kecamatan Maba

453
cerminhalmahera
P2KP Maba Gelar Bimtek Pembayaran Dan Pelaporan Pajak Secara Online di Kantor Camat Maba (Foto: Nehemia CH)

BULI, CH- Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Selasa (3/3/2020) melakukan bimbingan tehnik (bimtek) pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) e-filing (online). Bimtek yang berlangsung di Kantor Camat ini khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meskipun pembayaran pajak ASN sudah dilakukan oleh bendahara dimasing-masing instansi, namun untuk pelaporan pembayaran pajak dikakukan secara pribadi, maka perlu dilaukan bimtek. “Pembayaran pajak untuk ASN wajib sesuai dengan pasal 21 tentang perpajakan bagi ASN,” tegas kepala KP2KP Maba Wasis Wicaksono.

Dijelaskan, kegiatan sosialisasi SPT ini di khususkan terlebih dahulu bagi ASN, BUMN, UKM maupun Pengusaha. Sedangkan untuk perorangan atau honorel K2 juga bisa menggunakan e-filing, namun pembayarannya secara pribadi dan bisa di lakukan di Bank, Kantor Pos atau langsung ke kantor pajak secara langsung.

Pelaporan secara online ini untuk mencegah antrian, serta mempermudah bagi ASN yang berdomisili jauh dari Ibu Kota Kabupaten. Bagi ASN yang memiliki Henpone Android bisa melakukan pelaporan melalui e-filing, dan batas waktu pelaporan pada tanggal 31 Maret 2020. “Apa bila ada yang melewati batas waktu maka akan mendapat sangsi,” ucapnya.

BACA JUGA  Ilham Husen: Tahapan Pekerjaan Rumah Ini Jalan Terus Bukan Gagal

Menurut Wasis, bimtek ini merupakan yang baru pertama kali yang berlangsung di Kota Maba dan Maba. Rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Wasile dan Wasile Timur pada Hari Kamis dan Jumat (6/3/2020). Sedangkan untuk Maba Tengah dan Maba Utara akan dijadwalkan kemudian. “Untuk mendapatkan kode e-filing peserta hanya membawa foto copy KTP ke kantor KP2KP Maba atau bisa hubungi ke kantor KP2KP Pusat dengan nomor colling 1500200 atau  hubungi Kantor KP2KP Maba dengan Nomor Henpone dan WhastAAp 081315679925,” sebutnya.

Sementara itu Camat Maba Robert Barbakem SH,  memberikan apresiasi atas kegiatan yang di lakukan oleh KP2KP Maba, karena sangat membantu dan mempermudah bagi ASN terutama masyarakat wajib pajak.  Camat juga berharap agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi. “Kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Maba agar sadar akan pajak, karena dengan pajak ini lah untuk pembangunan Kabupaten Halmahera Timur pada umumnya dan Kecamatan Maba Khususnya,”ujarnya.

Kegiatan ini di hadiri oleh guru dari 4 sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 8 Sekolah Dasar (SD), dan 5 Sekolah  Menengah Pertama (SMP), dan PNS di Kantor Camat Maba. (Red)

BACA JUGA  Warga Waci Berharap Pelaku Pembunuhan Dihukum Mati

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here