Aktifitas PT. Getsman, Warga Kota Maba “Makan” Debu

549

Ruas Jalan 40 Yang Dilalui Alat Berat Milik PT.Getsman

MABA,CH – Aktifitas PT.Getsman di dalam wilayah Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) cukup meresahkan. Warga tampak mengeluh karena menghirup debu akibat dari aktifitas perusahaan tersebut.

Alat berat jenis truk milik PT. Getsman yang mondar mandir melewati ruas jalan 40 dengan muatan timbunan maupun dalam kondisi kosong berjalan dengan kecepatan tinggi.

Hal ini membuat debu di sepanjang jalan tertiup angin sehingga dapat membahayakan warga yang melintasi jalan tersebut. Tidak hanya membahayakan resiko kecelakaan karna jarak pandang yang tidak terlihat karena ketebalan debu. Selain itu faktor kesehatan juga sangat membahakan warga. “Biar torang so pake helm lagi tapi torang masi tako karena kalu torang baku lewat dengan truk yang muat timbunan, debu so tutup pa torang,”kata Rafli ke wartawan Cerminhalmahera.com Selasa, (27/8/2019).

Dirinya juga berharap agar jalan yang terlalu menaikan debu itu bisa disiram, untuk demi kenyamanan masyarakat.  “Tong hanya bisa harap kalu bisa badan  jalannya disirami supaya masyarakat atau yang lewat jalan bisa rasa aman,”harap Rafli.

BACA JUGA  Kapolres Haltim Pimpin Sertijab Kasat Intelkam Dan Kapolsek Wasile

Menurut Rafli aktifitas dari perusahan ini telah menyebabkan banyak warga yang menderita penyakit ISPA (Infeksi Pernapasan).”banyak warga yang menderita penyakit flu dan batuk karna menghirup debu”tutup Rafli.(Ady)

Reporter: Rustam Gawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here