Pengurus PWI Haltim Resmi di Lantik, Ini Yang Disampaikan Bupati Ubaid

46

Proses Pelantikan

HALTIM, CH- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) masa bakti 2023-2026 resmi dilantik. Mereka dilantik oleh ketua PWI Provinsi Maluku Utara Asri Fabanyo.

Pelantikan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Haltim, Rabu (15/11/2023) ini berdasarkan Surat Keputusan nomor 005/PWI-Malut/XI/2023.

Ketua PWI Halmahera Timur, Muhammad Kabir, dalam sabutan menjelaskan bahwa PWI memiliki peran penting, baik itu dengan Pemerintah Daerah maupun Masyarakat, sebagaimana dalam tema kegiatan yang digagas yaitu “Peran PWI Sebagai Mitra Strategis Pemerintah Daerah Menuju Halmahera Timur Maju Dan Sejahtera,”.

“Untuk itu diharapkan kepada Pemerintah Daerah, terutama Pimpinan SKPD agar lebih terbuka dalam hal informasi terkait capaian kinerja,” tegasnya.

Muhammad Kabir, juga menambahkan, selama ini PWI yang di dalamnya terdapat wartawan-wartawan dengan media masing-masing, sedikit mengalami kesulitan terkait data dan progres kinerja dari setiap SKPD.

“Untuk itu diharapkan agar ada keterbukaan informasi, sehingga bisa dipublis melalui media dan dapat di konsumsi bahkan bisa diketahui oleh Masyarakat Halmahera Timur pada umumnya,” harapnya.

BACA JUGA  Komisi II DPRD Haltim Soroti Pelayanan SPBU Buli

Ketua PWI Maluku Utara, Asri Fabanyo dalam sambutanya menjelaskan, PWI adalah organisasi nasional. Untuk itu Sinergitas dengan seluruh stakeholder harus dilakukan dan memperjuangkan kepentingan masyarakat melalui tulisan-tulisan dengan memperhatikan kode etik profesi jurnalis, serta tetap pada moral dan etika yang baik.

Dalam kesempatan itu, Asri juga mengingatkan kepada Pemerintah Daerah Halmahera Timur, bahwa PWI mempunyai dua program yaitu Sekolah Jurnalis, dan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). Program UKW ini ditawarkan Haltim sebagai tuan rumah.

“Yang tujuannya adalah untuk membekali setiap wartawan agar betul betul memahami kode etik jurnalis,”ucapnya.

Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub dalam sambutannya mengatakan. Untuk peran media dalam rangka mendukung dan mendorong program pemerintah. Ia mengaku di Haltim sendiri sudah sangat banyak dan besar kontribusi para wartawan.

“Saya mengapresiasi Peran PWI yang juga ikut andil mengatasi stunting di Halmahera Timur,”katanya.

“Setelah melihat beberapa pekan kemarin PWI menggelar sosialisasi stunting dan pembagian bantuan kepada ibu hamil di Kota Maba,”tambahnya.

Dirinya mengakui Haltim saat ini pada posisi ke tiga soal stunting. Olehnya itu dia harap peran wartawan agar sama sama dengan pemerintah memerangi Stunting.

BACA JUGA  Di Haltim, Isolasi Mandiri 9.700 Orang

“Pentingnya peran wartawan dengan pemerintah untuk mencegah stunting hingga pada tahapan Zero,” ucap bupati. (Nhe)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here