Lewat Perayaan Natal, Bupati Haltim Bagi-Bagi Bingkisan Ke Janda Dan Anak Yatim

710

Bupati Haltim, Ir. Muhdin Saat Bagi-Bagi Bingkisan Ke Janda Dan Anak Yatim (Foto: Irawan CH)


BULI, CH- Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) ikut menggelar perayaan Natal 2019. Natal yang berlangsung di Gereja Sentral Haltim Buli Kecamatan Maba, Senin (23/12) malam, diwarnai dengan pemberian bingkisan yang disaksikan oleh ribuan warga.

Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin H. Ma’bud dalam sambutnya mengharapkan kepada umat Kristen di Wilayah Haltim, agar Natal di 2019 ini makin memperkuat semangat kebersamaan bagi sesama umat Kristen maupun antar  umat beragama, sebagaimana yang dirasakan umat Kristiani saat ini, yakni dalam suasana damai dan penuh kurukunan.

Bupati juga meminta kepada seluruh warga masyarakat agar tetap menjaga kerukunan, kedamaian, dan keamanan, untuk menjemput tahun 2020, yang juga merupakan tahun politik. “Pilihan bisa beda, tetapi jangan karena perbedaan pilihan bisa dijadikan sebagai alasan untuk bermusuhan, mari kita bergandeng tangan untuk rukun dan bersatu, demi kebersamaan dan persaudaraan,” ajaknya.

Disela-sela perayaan malam Natal tersebut, orang nomor satu di Pemkab Haltim ini berbagi sesama ratusan janda lansia dan anak-anak yatim piatu, dengan membagi-bagi bingkisan.

Ketua Panitia Natal Pemda Haltim Ailen Guslaw dalam laporannya menuturkan, perayaan Natal Pemda kali ini,  dirangkaikan dengan membagi kasih yang sudah dilakukan dua kali yaitu pada 2018 sebanyak 56 orang di 2019 ini meningkat menjadi 137 penerima bingkisan kasih yang terbagi di 10 desa dalam wilayah Kecamatan Maba terdiri dari janda lansia 126 orang, dan anak yatim piatu 11 orang. “Berbagi kasih ini bukan hanya dari beragama kristen saja tetapi ada juga ibu janda dan anak yatim piatu yang beragama Islam, yang ada di wilayah Kecamatan Maba,” sebutnya.

BACA JUGA  Bupati Haltim Resmi Upacara Tulude Di Silalayang Sekaligus Sahkan KTR Di Nyaolako

Undangan yang di siapkan panitia sebanyak 700, dan yang hadir lebih dari undangan yang disalurkan. Alen juga membeberkan anggaran Natal yang digunakan berasal dari ABPD Haltim dan Pihak PT. Antam, serta donatur sebanyak Rp. 145 Juta.

Ketua Sinode GMIH Pdt. Demianus Ice, dalam sambutan mengatakan, dengan tema yang di pilih oleh Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), yaitu “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” ini berdasarkan dengan situasi Bangsa Indonesia. “Sebab mulai ada kerusakan dalam hubungan persahabatan, bahkan kehilangan hubungan persahabatan di sebabkan karena egoisme di masing- masing orang,” ucapnya.

Demianus berharap melalui momentum Natal Tahun ini, tidak ada lagi ada perbedaan di antara umat manusia, karena Tuhan tidak  menginginkan dalam persahabatan atau teman  ada batasan-batasan antara rakyat dan pejabat, kaya dan miskin. “Mari kita hidup saling menyayangi, menghargai, menghormati, bersahabat untuk semua orang, tanpa ada perbedaan, agar masyarakat Halmahera Timur ini selalu hidup harmonis dan bermartabat,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Haltim, AKBP Michael Sitanggang, dalam sambutan menjelaskan soal perbedaan antara sahabat dan teman sesuai dengan tema Natal. “Kalau teman tidak ada hubungan emosional yang mendalam, kalau sahabat itu hubungan emosionalnya lebih tinggi, dan sangat perhatian antara yang lain, dan tidak akan di lupakan,” jelasnya.

BACA JUGA  Dinas PUPR Malut Terus Maksimalkan Kebutuhan Air Bersih ke Masyarakat

Melalui momentum natal kali ini, Michael yang baru menjabat sebagai Kapolres Haltim ini berharap agar pemerintah daerah bersama masyarakat Haltim menerima dia sebagai sahabat. “Saya mengharapkan agar masyarakat dan pemda haltim dapat menerima saya sebagai sahabat,” harapnya.

Perlu di ketahui, Perayaan Natal Pemda Haltim di awali dengan Ibadah serta pembakaran lilin yang dilakukan Pemerintah Daerah di wakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Ailen Gueslaw, Ketua Sinode GMIH Pendeta Demianus Ice, Camat Maba Robert Barbakem, Kapolres Haltim AKBP Michael Sitanggang, dan perwakilan Ibu Janda Lansia. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here