Masyarakat Pulau Belemsi Dapat Bantuan Satu Unit Mesin Lampu

671

Penyerahan Bantuan Mesin di Pulau Belemsi

BULI,CH- Warga yang berdomisili di Pulau Belemsi Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tampak ceria, setelah mendapat bantuan 1 unit mesin lampu. Dambaan warga agar bisa menikmati lampu untuk menerangi pemukiman mereka di malam hari akhirnya terwujud.

Bantuan mesin lampu dengan kekuatan 15 kw ini diberikan atas kerja sama Pos TNI AL Maba dengan pemerintah Kecamatan Maba serta pihak  PT. Antam Tbk, melalui anggaran CSR   yang diusulkan oleh Pos TNI AL, dalam progran Pembinaan TNI Maritim.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Camat Maba Robert Barbakem SH, Danpos TNI AL Maba Serma, Arfan Drakel dan  Eksternal Relation  PT. Antam Tbk. UBPN Maluku Utara (Malut) Tri Wiyono, sekaligus peresmian yang berlangsung di Pulau Balemsi, Rabu (28/8/2019).

“Mudah mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pulau Belemsi, selain bantuan mesin lampu, kedepan ada bantuan – bantuan lain yang akan tersalur di Pulau Belemsi. “kata Camat, Robert Barbakem dalam sambutanya.

Camat juga mengharapkan kepada ketua dusun dan RT serta masyarakat Belemsi agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun kecamatan terkait dengan kebutuhan warga. “Apalagi Kecamatan Maba dan Maba Tengah adalah kawasan Nasional, dan akan di kunjugi banyak orang, baik pemerintah maupun masyarakat,” jelasnnya.

BACA JUGA  Sedih, Ini Pesan Mantan Karyawan PT. JAS Ke Sang Istri Sebelum Gelar Aksi
Uji Coba Mesin Lampu

Tri Wiyono menyampaikan, pihak perusahaan ingin mempunyai rekanan, agar potensi ekonomi dapat  dikembangkan. Beberapa program perusahan sudah dijalankan seperti pembuatan Sabut Kelapa dijadikan media tanam (kokonet),  perkembangan petani  Kopi, dan nelayan. “Dan untuk Pulau Belemsi sendiri memiliki potensi laut yakni Ikan Ngafi (Teri) yang banyak disukai konsumen, ini akan dikembangkan untuk menjadi produk unggulan yang akan dikemas dengan baik dan dapat dipasarkan,” papar Tri.

Lanjut Tri, semua desa yang ada di Maba dan Kota Maba memiliki potensi ekonomi yang akan dikembangkan. Pihak perusahaan sendiri kata Tri,  siap untuk membantu karena ini merupakan sala  satu misi negara untuk memakmurkan rakyat.

“Untuk Pulao Belemsi, pemerintah kecamatan dan desa agar tinjau kembali. Jika Pulau Belemsi bisa dijadikan tempat destinasi wisata, pihak perusahaan siap untuk membangunnya, kalau destinasi sudah ada maka pengujung dengan sendirinya akan membeli Ikan Teri tersebut,” tukasnya,  yang disambut dengan tepukan tangan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu Serma, Arfan Drakel dalam sambutnya menyampaikan, pihak TNI tidak hanya bertugas untuk pengamanan, tetapi ada juga jalin hubungan sosial untuk mensejahtraan masyarakat, sala satunya program kemanusiaan seperti penerangan, yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat.

BACA JUGA  Diduga Kepsek Lari Tugas, Siswa SD Marasipno Gagal Semester

Dari 27 Pulau yang ada di Halmahera Timur menurut Arfan, hanya Pulau Belemsi yang memilili penduduk, untuk itu pihak TNI AL siap membantu kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat di berbagai aspek, seperti pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainya.

“Bantuan mesin lampu ini adalah awal dari kebersamaan antara masyarakat Belemsi dan TNI AL, mudah-mudahan kedepan masyarakat bisa menikmani lampu langsung dari PLN. Saya merasa bangga dengan mata pencahrian sebagai nelayan, namun tetap bertahan hidup,” tuturnya.

Ketua Dusun Belemsi Ronaldo mengatakan, selama dia bersama masyarakat tinggal di Pulau Belemsi, baru pertama kali bantuan yang diserahkam secara resmi. “Terimakasih kepada pemerintah kecamatan, pihak TNI AL dan PT.Antam yang sudah memberikan kami bantuan,” Ucap Ronaldo dengan penuh semangat. (PN/Ady)

Reporter : Nehemia Bustami

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here