Pemdes Buli Asal Gelar Rapat Penetapan RKPDes 2022

254

Rapat Penetapan RKPDes Buli Asal Tahung Anggaran 2022 

HALTIM, CH – Pemerintah Desa (Pemdes) Buli Asal, Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat setempat telah menetapkan Rancangan Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) 2022.

Penetapan RKPDes ini melalui rapat yang berlangsung di Kantor Desa Buli Asal, Senin (24/1). Rapat ini untuk menerapkan kembali usulan program 2022 yang diusulkan pada Musrenbang Desa di 2021 kemarin.

“Terdapat 51 program yang dimasukan baik usulan dari bidang pembangunan, bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang pembinaan masyarakat, yang bersumber dari Dana Desa, APBD dan pihak ke tiga,” sebut pelaksana Kepala Desa Buli Asal, Alte Veblun.

Lanjut Alte, dari usulan tersebut, belum dipastikan semua akan di akomodir. Sebab sampai hari ini (Senin), Pemerintah Desa belum menerima pagu anggaran 2022 dari pemerintah. Berbedah dengan dana Condev atau sumbangan pihak ketiga yang sudah diketahui besaranya yakni Rp. 500 juta.

“Selain pembangunan, ada juga Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD yang mengalami kenaikan dari 20 persen naik menjadi 40 persen. Untuk itu pemerintah akan melakukan pendataan kembali penerima BLT agar tidak tumpah tindih jangan sampai penerima menerima bantuan dobel,”ucapnya.

BACA JUGA  Juli 2021, Aula Kantor Desa Buli Asal Sudah Bisa Difungsikan

Perlu diketahui dari 51 program kerja Pemerintah Desa Buli Asal di 2022 ini bersumber dari tiga mata aggaran, yakni
Bidang Pembangunan Desa sebanyak 27 program, 12 program bersumber dari anggaran pihak ke tiga, 9 program dari Dana Desa (DD) dan 5 program dari APBD.

Sementara Bidang Pemberdayaan Masyarakat sebanyak 13 program yang terdiri dari 5 program anggaran dari pihak ke tiga dan 8 program bersumber dari (DD). Serta Bidang Pembinaan Masyarakat sebanyak 11 Program, yakni 7 program anggaran dari DD dan 4 Program dari Alokasi Dana Desa ( ADD) atau APBD 2022.

Nehemia bustami

Reporter: Nehemia Bustami
Editor: Suhardi Koromo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here