Pemdes Wayafli Pertama Salurkan BLT Di Kecamatan Maba

612

Penyaluran BLT Oleh Kepala Desa Wayafli, Yehuda Goeslawa (Foto: Nehemia CH)


BULI, CH- Pemerintah Desa Wayafli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) resmi salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke warga yang berhak menerima. Penyaluran BLT di Desa Wayafli yang berlangsung Rabu (20/5/2020) ini merupakan yang pertama dari 10 desa yang ada di Kecamatan Maba.

Penyaluran yang berlangsung di Kantor Desa Wayafli ini, disalurkan langsung oleh Kepala Desa Yehuda Goeslaw. Dalam penyaluranya, Yehuda tidak tanggung-tanggung menyalurkan dua tahap sekaligus untuk april-mei ke 80 Kepala Keluarga (KK) dari 209 KK yang ada di Desa Wayafli.

Total anggaran BLT yang disalurkan sebesar Rp. 96 juta yang disalurkan ke masing-masing KK sebesar Rp. 1.200.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) 2020. “Dari 80 KK ini terdapat 5 KK yang memiliki kartu PKH namun tidak pernah menerima bantuan PKH, maka 5 KK dimasukan dalam daftar penerima BLT disertai dengan surat pernyataan, dan kami akan sampaikan ke Dinas Sosial Haltim, agar nama 5 KK tersebut dihapus dalam daftar penerima PKH,” kata Yehuda.

BACA JUGA  Pemdes Buli Asal Gelar Musdes Program 2021

Yehuda berharap, penyaluran BLT ini bisa meringankan beban masyarakat yang berhak menerima dalam menghadapi pandemi Covid-19. Serta warga yang tidak mendapatkan BLT ini diharapkan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan bersama, karena penyaluran BLT berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan DD 2020.

“Bagi warga yang tidak menerima BLT dimohon untuk tidak memperkeruh suasana, kami berharap agar warga jangan mendengar isu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, apabila ada hal-hal yang belum jelas maka segera menanyakan langsung ke kepala desa,” harapnya.

Camat Maba Robert Barbakem SH, yang ikut hadir dalam penyaluran BLT ini memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Wayafli Yehuda Goeslaw karena merupakan yang pertama menyalurkan BLT dari 10 desa yang ada. “Penyaluran BLT yang sama juga akan disusul oleh desa-desa lainya, meskipun sebagian desa baru melakukan musdes dan ada juga desa yang masi bermasalah soal daftar nama penerima BLT dan masih dalam tahapan perbaikan, muda-mudahan penyaluran BLT di Kecamatan Maba ini bisa berjalan aman,” ujarnya.

BACA JUGA  Menengok Wisata Ubli Di Perbatasan Haltim-Halteng

Penyaluran BLT yang ikut dikawal langsung oleh Babinsa Sertu K.H. Lingga, Bhabinkamtibmas,  Pendamping Desa Wayafli- Buli Asal Nisa Malik, BPD dan Perangkat Desa ini berjalan  aman dan lancar. (Red)

Reporter: Nehemia Bustami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here