Pemkab Haltim Tiadakan Sholat Idul Fitri Berjamaah Di Masjid

1182

Masjid IQRA Kota Maba Halmahera Timur (Istimewa)


MABA, CH- Pelaksanaan malam takbiran dan Sholat Idul Fitri kali ini tampak berbeda dari tahun sebelumnya. Pawai takbiran keliling serta Sholat Idul Fitri berjamaah yang biasanya dilaksanakan, kali ini ditiadakan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Hal ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penularan dan percepatan penangan Covid-19.

Himbauan ini disampaikan langsung oleh Bupati Haltim, Ir. Muhdin melalui surat edaran dengan nomor: 007/78/05/2020 Tentang Takbiran dan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di wilayah Haltim. Surat edaran yang ditujukan ke kepala desa, camat dan Imam Masjid se Haltim ini merupakan tindaklanjut dari Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Sholat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Dengan demikian surat edaran ini himbau kepada seluruh Imam Masjid atau Pengurus Masjid serta kaum muslimin dan muslimat agar tidak melakukan Pawai Takbiran Keliling di wilayah kecamatan dan desa dalam wilayah Haltim. Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri cukup dengan mengumandangkan lafadh  takbir, tahlil dan tahmid  dari Masjid/Mushollah masing-masing dengan senantiasa menerapkan protokoler kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA  Camat Maba Gencar Sosialisasi New Normal

“Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H agar dapat dilakukan secara berjamaah di rumah masing-masing mengacu pada Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tersebut di atas dengan tetap menjaga protokoler kesehatan,” dekian isi surat edaran tersebut.

Selain itu, pelaksanaan Open Hause yang biasa dilakukan oleh pejabat daerah disetiap Hari Raya Idul Fitri juga ditiadakan demi mencegah penyebaran Virus Corona. “Sesuai dengan himbauan pak kapolri tentang larangan mengumpulkan massa yang banyak, maka open house kali ini juga ditiadakan demi keselamatan kita bersama,” tambah Yusuf Thalib, Kepala Bagian Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemkab Haltim. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here