Cegah Corona, IFAS Desak Pemda Haltim Siapkan Fasilitas Karantina

519
cerminhalmahera

Ketua IFAS Haltim, Ismit Abas Hatary


MABA, CH – Untuk melakukan pencegahan sekaligus memutuskan mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di wilayah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Institut Faifiye Spasial (IFAS) meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menyiapkan fasilitas karantina bagi warga yang baru datang dari luar daerah.

Ketua IFAS Haltim, Ismit Abas Hatary mengatakan, kebijakan pemerintah daerah mengkarantinakan warga yang datang dari luar Haltim dengan cara isolasi diri atau dirumahkan adalah kebijakan yang tidak tepat. Pasalnya, banyak warga maupun mahasiswa yang tidak patuh terhadap kebijakan tersebut. “Petugas kesehatan minta agar warga yang baru datang  karantina 14 hari di rumah, kebijakan ini sangat tidak tepat karena mereka ini pahe dan malawang (tidak mengikuti anjuran pemerintah, red) sehingga belum sampe 14 hari sudah berkeliaran sana sini,” kata Ismit, Senin (30/3/2020).

Lanjut Ismit yang juga salah satu pemuda perhati sosial Haltim ini juga  menilai, spanduk, stiker maupun kampanye lewat media sosial tidak akan menjadi solusi yang baik jika warga yang datang dari luar Haltim tidak taat terhadap anjuran pemerintah untuk isolasi diri selama 14 hari di dalam rumah masing-masing.

BACA JUGA  200 Anggota Polres Haltim Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri

Untuk itu dirinya meminta kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Muhdin untuk segera berkoordinasi dengan DPRD Haltim guna mencari fasilitas bangunan untuk menjadi tempat karantinan bagi pejabat, warga maupun mahasiswa yang datang dari daerah yang sudah terpapar Covid 19. “Menurut saya solusinya Cuma satu pemerintah dan DPRD siapkan fasilitas karantina agar pejabat, warga maupun mahasiswa yang pulang dari daerah yang terpapar virus langsung dikarantina tidak ada alasan lain, ini demi keselamatan warga Haltim,” tegasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here